MAKNA PERUBAHAN PENDIDIKAN

MAKNA PERUBAHAN PENDIDIKAN

Penulis

  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana

Abstrak

Perubahan pendidikan secara teknis sederhana dan secara sosial kompleks. Perlu diidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi yang telah diadopsi. Ada empat faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi. Pertama karakteristik dari perubahan, perlu dilihat masalah kebutuhan dan relevansi dari perubahan, kejelasan, kompleksitas, dan kualitas serta kepraktisan dari program. Kedua karakteristik dari tingkat wilayah sekolah, terdiri atas: sejarah dari upaya-uapaya inovasi, proses adopsi, dukungan dan keterlibatan administratur pusat, pengembangan dan partisipasi staf, sistem ketepatan waktu dan informasi, dan karakteristik dewan dan komunitas. Ketiga karakteristik pada tingkat sekolah, yang terdiri atas kepala sekolah, hubungan antara guru, dan karakteristik dan orientasi guru. Keempat karakteristik eksternal terhadap sistem lokal, yang terdiri atas peran pemerintah dan bantuan eksternal.Kata Kunci: perubahan pendidikan, inovasi pendidikan, adopsi.

Referensi

Tidak Tersedia

Diterbitkan

2007-08-01

Cara Mengutip

Mariam, P. (2007). MAKNA PERUBAHAN PENDIDIKAN. EDUCARE, 5(1). Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/60

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Loading...