Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Kata Kunci:
Kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran InquiryAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan siswa dalam ranah kemampuan berpikir kritis seperti kemampuan memberikan arugmentasi, silogisme dan penalaran yang propesional.Mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa mengharuskan guru untuk mencari model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis salah satunya adalah mengunakan model pembelajaran inquiry. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimental design. Populasi dari penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Bina warga. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampel dimana kelas XI AK1 dijadikan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan sedangkan kelas XI AK 2 dijadikan kelas kontrol. Analisis data menggunakan Uji-t dan indeks gain. Kesimpulan menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berfikir kritis siswa setelah diberikan model pembelajaran Inquiry.Referensi
Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Anurahman (2009). Belajar dan pembelajaran. Pontianak : Alfabeta
Arikunto, Suharsmi, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsmi, (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Andiyanti, Ariesma. (2013). Implementasi Metode Pembelajaran Drill dengan Teknik Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi FKIP UNLA Bandung: Tidak diterbitkan.
Desmita. ( 2009). Psikologi Perkembangan peserta didik. Bandung: PT Rosda Karya
Fisher, Alec (2007). Berpikir Kritis:Sebuah pengantar. Jakarta : Erlangga
Helmi (2010). Memahami Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia : http://helm.student.umm.ac.id/2010/08/12/memahami-berpikir-kritis/
Izmaimura (2010). Keterampilan Berpikir Kritis [Online]. Tersedia : http://kekeislearning.blogspot.com/2012/09/keterampilan-berpikir-kritis
Jhonshon, E (2011). Contextual Teaching and learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikan dan Bermakna. Bandung : Kaifa
Mulyasa, E (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muslich Masnur (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nanang dan C. Suhana (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama
Nursyamsiah (2011). Memahami Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia,: http://researchengines.com
Pusat Bahasa (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. [Online]. Tersedia : http://kamusbahasaindonesia.org
Ruseffendi, (2010). Dasar-Dasar Penelitian & Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.
Rochaminah (2008). Penggunaan Metode penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keguruan. [Online]. Tersedia : http://pmt03.wordpress.com
Sanjaya, Wina (2009). Setrategi Pembelajaran Berorientasi Setandar Pendidikan. Bandung : Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sukmadinata, Nana syaodih (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosida
Tiya, Septiani (2013) . Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Matimatis Pada Siswa SMA. Skripsi FKIP UNLA Bandung: Tidak diterbitkan.
Trianto (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Anurahman (2009). Belajar dan pembelajaran. Pontianak : Alfabeta
Arikunto, Suharsmi, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsmi, (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Andiyanti, Ariesma. (2013). Implementasi Metode Pembelajaran Drill dengan Teknik Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi FKIP UNLA Bandung: Tidak diterbitkan.
Desmita. ( 2009). Psikologi Perkembangan peserta didik. Bandung: PT Rosda Karya
Fisher, Alec (2007). Berpikir Kritis:Sebuah pengantar. Jakarta : Erlangga
Helmi (2010). Memahami Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia : http://helm.student.umm.ac.id/2010/08/12/memahami-berpikir-kritis/
Izmaimura (2010). Keterampilan Berpikir Kritis [Online]. Tersedia : http://kekeislearning.blogspot.com/2012/09/keterampilan-berpikir-kritis
Jhonshon, E (2011). Contextual Teaching and learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikan dan Bermakna. Bandung : Kaifa
Mulyasa, E (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muslich Masnur (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nanang dan C. Suhana (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama
Nursyamsiah (2011). Memahami Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia,: http://researchengines.com
Pusat Bahasa (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. [Online]. Tersedia : http://kamusbahasaindonesia.org
Ruseffendi, (2010). Dasar-Dasar Penelitian & Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.
Rochaminah (2008). Penggunaan Metode penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keguruan. [Online]. Tersedia : http://pmt03.wordpress.com
Sanjaya, Wina (2009). Setrategi Pembelajaran Berorientasi Setandar Pendidikan. Bandung : Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sukmadinata, Nana syaodih (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosida
Tiya, Septiani (2013) . Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Matimatis Pada Siswa SMA. Skripsi FKIP UNLA Bandung: Tidak diterbitkan.
Trianto (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Unduhan
Diterbitkan
2014-12-30
Cara Mengutip
Priarana, N., Herdhiana, R., & Mariam, P. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUCARE, 12(2), 9–19. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/191
Terbitan
Bagian
Research