Pengembangan Kemampuan Menulis Penelitian Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung
Kata Kunci:
penelitian tindakan kelas, guru profesional, kompetensi guru, design thinking, n-on-inAbstrak
Salah satu kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Kemampuan ini menunjukkan kemampuan guru melakukan dan memanfaatkan hasil refleksi terhadap proses pembelajaran yang dilakukannya, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Permasalahan yang dihadapi oleh guru MTs. Miftahulfalah Bandung adalah kesulitan untuk (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu; dan (3) melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Solusi permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru MTs. Miftahulfallah Bandung adalah pengembangan kemampuan menulis PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Solusi ini dilakukan dengan memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Kegiatan yang telah dilakukan meliputi (1) persiapan sumber daya yang diperlukan; (2) melaksanakan program dengan model In-On-In dengan menggunakan pendekatan design thinking dari David Kelley (In), melakukan praktik materi sebelumnya melalui aktivitas pembelajaran sesuai dengan jadwal mengajar (On), dan presentasi hasil praktik dan refleksi; (3) monitoring dan evaluasi; dan (4) pelaporan kegiatan.Referensi
Ali, S. D. (2017, Desember 18). Design Thinking. (Binus University) Dipetik Juni 30, 2018, dari https://sis.binus.ac.id/2017/12/18/ design-thinking-2/
Brown, T. (2009). Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. New York: HarperBusiness.
Dam, R., & Siang, T. (2018, Juni 17). 5 Stages in the Design Thinking Process. (Interaction Design Foundation) Dipetik Juli 1, 2018, dari https://www.interaction- design.org/literature/article/5- stages-in-the-design-thinking- process
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: an Introduction (Vol. VII). Boston: Pearson Education, Inc.
Jalaludin, M. (2018, Juni 30). IHT Penelitian Tindakan Kelas.
Mettetal, G. (2001, Januari). (PDF) The
What, Why and How of Classroom Action... Diambil kembali dari ResearchGate: https://www.researchgate.net/publi cation/242179106_The_What_Wh y_and_How_of_Classroom_Action _Research
Rozi, M. (2015, Juni 24). Guru dan Persoalan Menulis PTK. (Kompasiana) Dipetik Juli 1, 2018, dari https://www.kompasiana.com/rujak cingurdaribraggroad/552928086ea8 346e728b45ba/guru-dan- persoalan-menulis-ptk
Brown, T. (2009). Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. New York: HarperBusiness.
Dam, R., & Siang, T. (2018, Juni 17). 5 Stages in the Design Thinking Process. (Interaction Design Foundation) Dipetik Juli 1, 2018, dari https://www.interaction- design.org/literature/article/5- stages-in-the-design-thinking- process
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: an Introduction (Vol. VII). Boston: Pearson Education, Inc.
Jalaludin, M. (2018, Juni 30). IHT Penelitian Tindakan Kelas.
Mettetal, G. (2001, Januari). (PDF) The
What, Why and How of Classroom Action... Diambil kembali dari ResearchGate: https://www.researchgate.net/publi cation/242179106_The_What_Wh y_and_How_of_Classroom_Action _Research
Rozi, M. (2015, Juni 24). Guru dan Persoalan Menulis PTK. (Kompasiana) Dipetik Juli 1, 2018, dari https://www.kompasiana.com/rujak cingurdaribraggroad/552928086ea8 346e728b45ba/guru-dan- persoalan-menulis-ptk
Unduhan
Diterbitkan
2018-12-31
Cara Mengutip
Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Pengembangan Kemampuan Menulis Penelitian Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung . EDUCARE, 16(2), 1–7. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/222
Terbitan
Bagian
Community Service