Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar

Authors

  • Rachmawati Nur Istighfarin Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Cucu Lisnawati Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Tujuan dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  peningkatan  dan perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang pembelajarannya mengunakan model pembelajaran konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMAN 20 Bandung. Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain  penelitian Nonequivalent  Control  Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 21 Bandung peminatan ilmu-ilmu sosial dan lintas minat pelajaran ekonomi. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Uji-t untuk pretest dan posttest dan Mann-Whitney untuk N-Gain. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tergolong dalam kategori sangat baik dengan presentasi 100%. Terdapat peningkatan motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 . Hasil  analisis  uji Mann-Whitney terhadap N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan hasil signifikasi sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen memiliki perubahan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji N-Gain juga diketahui peningkatan motivasi kelas eksperimen sebesar 0,94 lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 0,12.

References

Arends, R.I. (2008).Learning to Teach Belajar Untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Saku.Terj. Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bahri, S. (2011).Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah, H., Nurdiansyah, D., & Pernando, R. (2014). Advance Learning Economics 1 for Grade X Senior High School Sciences Programme Based on Curriculum 2013. Bandung: Grafindo

Hamalik,O. (2015).Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2014).Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 . (2013) tentang Standar Proses Pendidikan dasar dan Menengah

Ridwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sardiman A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok:Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (2015). CooperativeLlearning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Istighfarin, R. N., Zahara, R., & Lisnawati, C. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/146

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 
Loading...