Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengevaluasi

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengevaluasi

Authors

  • Ricky Firmansyah Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi diantaranya kemampuan mengevaluasi namun  kenyataan di lapangan kemampuan mengevaluasi sebagian besar siswa masih rendah. Diantara penyebabnya adalah karena strategi  model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum tepat. Penelitian ini dilakukan untuk memberi solusi atas masalah tersebut menggunakan metode  pembelajaran berbasis masalah (PBM)  sehingga diketahui apakah dapat meningkatkan kemampuan mengevaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas XIIIS 1 dan kelas XI IIS 3 SMA Negeri 27 Bandung . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes; observasi dan wawancara. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik dengan uji-t yang sebelumnya telah dilakukan terlebih dahulu pengujian normalitas dan homogenita ssebagai syarat parametrik. Setelah dilakukan uji-t apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan.Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan mengevaluasi siswa dilihat dari kemampuan mengevaluasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 27 Bandung. Model pembelajaran berbasis masalah  efektif meningkatkan kemampuan mengevaluasi siswa.

References

Ibrahim, M, dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah..Surabaya: Univeritas Negeri Surabaya.

Nur, Muhammad. (2000). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Rusman. (2008). Model-Model Pembelajaran. Bandung : Raja Grafindo Persada.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media

Downloads

Published

2015-12-01

How to Cite

Firmansyah, R., Syaodih, E., & Zahara, R. (2015). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengevaluasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/112

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 
Loading...