Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Siswa
Abstract
Penelitian yang berjudul ”Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Siswa” bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap peningkatan minat berwirausaha siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini siswa dibagi dalam dua kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran CTL dan kelas yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Penelitian ini dilakukan dikelas XI Adm. Perkantoran 2 dan kelas XI Adm. Perkantoran 3 dengan jumlah sampel 41 orang dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat berwirausaha siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran CTL dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Hasil peningkatan dengan uji gain kelas eksperimen memiliki kualifikasi tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang mempunyai kualifikasi yang rendah. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kelas yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran CTL dapat mendapatkan peningkatan minat berwirausaha siswa yang lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru.References
Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja
Rosdakarya Astamoen, M.P. (2008). Enterpreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:
Alfabeta Fathonah, N.A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 14 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Bandung: Program Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Firmansyah, Iman, dkk. (2009). Pelajaran Kewirausahaan SMK kelas X. Bandung:
HUP Firmansyah, Iman, dkk.(2009). Pelajaran Kewirausahaan SMK kelas XI. Bandung: HUP Heflin, Z. (2013). Be An Entrepereneur. Yogyakarta: Graha Ilmu
Hermana, D. (2010). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Media Utama Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ruseffendi. (2010), Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grapindo Persada
Supranto, J. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama Syaodih, Nana. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama
Syaodih, Nana. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Rosda Sanjaya, W. (2007) Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi, Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Yogyakarta. Rineka Cipta Suprijono, A. (2013). Coopertative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta:
Pustaka Belajar Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Onovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group Tersedia:http://belajar.psikologi.com/pengertian dan tujuan pembelajaran/ga