Vol. 4 No. 2 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK.

Syifa Rohmatul Kamilah
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Puji Budilestari
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Iwan Gunawan
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2019
Keywords
  • Mathematical Representation,
  • Problem Based Learning,
  • GeoGebra
How to Cite
Kamilah, S. R., Budilestari, P., & Gunawan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(2), 70-77. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/298

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan menuangkan, menyatakan, menerjemahkan, mengungkapkan, atau membuat model dari ide-ide atau konsep matematika, diantaranya ke dalam bentuk matematis baru yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis menggunakan model PBL dengan berbantuan Geogebra. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X (sepuluh) di SMK Bina Warga tahun ajaran 2018-2019. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas X PM 1 sebagai kelas kontrol dan X PM 2 sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe uraian dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa; 1) terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Geogebra; serta 2) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Geogebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

References

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad R. Y udhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sofwan, Hadi. (2018). Representasi Matematis Pemahaman Geometri siswa. Ibriez. Vol 3 No 2 tahun 2018

Sundayana, Rostina. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.