Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK.
Kata Kunci:
Mathematical Representation, Problem Based Learning, GeoGebraAbstrak
Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan menuangkan, menyatakan, menerjemahkan, mengungkapkan, atau membuat model dari ide-ide atau konsep matematika, diantaranya ke dalam bentuk matematis baru yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis menggunakan model PBL dengan berbantuan Geogebra. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X (sepuluh) di SMK Bina Warga tahun ajaran 2018-2019. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas X PM 1 sebagai kelas kontrol dan X PM 2 sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe uraian dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa; 1) terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Geogebra; serta 2) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Geogebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional.Referensi
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad R. Y udhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sofwan, Hadi. (2018). Representasi Matematis Pemahaman Geometri siswa. Ibriez. Vol 3 No 2 tahun 2018
Sundayana, Rostina. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sofwan, Hadi. (2018). Representasi Matematis Pemahaman Geometri siswa. Ibriez. Vol 3 No 2 tahun 2018
Sundayana, Rostina. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
2019-12-31
Cara Mengutip
Kamilah, S. R., Budilestari, P., & Gunawan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(2), 70–77. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/298
Terbitan
Bagian
Research