Vol. 3 No. 1 (2018)
Research

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition

Mira Yunita Maharani
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Puji Budilestari
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mochamad Rasyid Ridha
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 30, 2018
Keywords
  • Komunikasi Matematis,
  • Model Pembelajaran CIRC
How to Cite
Maharani, M. Y., Budilestari, P., & Ridha, M. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition . INTERMATHZO, 3(1), 1-4. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/277

Abstract

Harapan dalam dunia pendidikan matematika tingkat SMA adalah siswa harus memiliki beberapa kemampuan matematis sebagai penunjang dalam pembelajaran matematika. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan komunikasi matematis. Namun kesenjangan yang terjadi dilapangan adalah kemampuan komunikasi matematis siswa masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeroleh gambaran peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran CIRC. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandung tahun ajaran 2017/2018 dan sampelnya adalah siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol, sampel tersebut dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang telah didapat lalu diolah menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS 22.0 for Windows yaitu menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil peningkatan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada pokok bahasan aturan sinus, aturan cosinus dan luas segitiga yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran CIRC lebih baik dari kelas yang mendapat perlakuan dengan pembelajaran konvensional (discovey learning). Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan aturan sinus, aturan cosinus dan luas segitiga.

References

Amalina. Nur. (2016). Pengaruh Strategi Means Ends Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian
Belajar Siswa SMK Kota Bandung. Skripsi UNPAS Bandung : Tidak diterbitkan. [Online]. Tersedia: respository.unpas.ac.id. [21 Januari 2018].

Arikunto, S dan Jabar, Cepi. S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmawaty, Rafrin. (2015). Indikator Komunikasi Matematika. [Online]. Tersedia: http://www.matematika- pembelajaran.com. [20 Maret 2018]

Hamzah. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matemtika. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Lestari. K. Maqfiroh, Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta : Ghalia Indonesia.

E dan Yudhanegara. M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : TP
Refika Aditama. (2016). Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbasis CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition). Skripsi UMS Surakarta : Tidak diterbitkan. [Online]. Tersedia: Faqusreini. Meningkatkan
http://www.eprints.ums.ac.id. [04 Januari 2018].

Nuh Mohammad. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2015 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Riadi, Muchlisin. (2017). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). [Online]. Tersedia : http://www.kajianpustaka.com. [20 Maret 2018]

Roudhonah, Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2007), h. 20.

Ruseffendi, E. T. (1991). Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung : Tarsito

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata lainnya. Bandung: Tarsito.

Sumarmo, U. (2016). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Artikel FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Widjajanti, Mata Pelajaran Matematika SMP/ MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. [Online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org. [6 Desember 2017].

Bondan D. dan Wahyudin. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. [Online]. Tersedia: http://www.staff.uny.ac.id. [4 Desember 2017].

Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja