Vol. 5 No. 2 (2019)
Research

Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi

Tiara Dwi Ardhita
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Rita Zahara
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Ilyas
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
JP2EA Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Published December 31, 2019
Keywords
  • Kemampuan Analisis Siswa,
  • Metode Pembelajaran,
  • Metode Inkuiri Terbimbing
How to Cite
Ardhita, T. D., Zahara, R., & Ilyas. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 144-152. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/331

Abstract

Latar Belakang dalam penelitian ini adalah siswa belum mencapai hal-hal yang dapat diklasifikasikan dalam kategori dapat menguasai kemampuan analisis siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Bandung. Metode Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan analisis siswa pada kelas eksperimen setelah menerapkan Metode Inkuiri Terbimbing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan sifat penelitian kuantitatif dan desain penelitian quasi eksperimen dan desain yang dipilih yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen test uraian dan teknik analisis data dengan statistic parametric menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 21. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan kemampuan analisis pada kelas eksperimen dengan menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing serta peningkatan kemampuan analisis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan analisis pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi kelompok.

References

Anam, Khoirul. (2017) Pembelajaran Berbasis Inkuiri : Metode dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arifin,Z. (2013) Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur, (P. Latifh,Ed). Bandung : PT.Rosdakarya Remaja

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media

Hanafiah, N dan C. Suhana, (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Refika Aditama

Iru, La. Arihi, La Ode Saifun. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Startegi, dan Model-Model Pembelajaran. Bantuul : Multi Presindo

Lestari, E. Karunia dan Yudhanegara, R, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya Remaja

Rusli, M. (2014) Pengelolaan Statistik yang Menyenangkan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara\

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametris untuk Penelitian (Cetakan ke-11 ed.). Bandung : Alfabeta