Vol. 14 No. 2, Desember 2016
Research

Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Word Square Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Pipit Maratusolihat
Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mumun Syaban
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Yeti Nurhayati
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 30, 2016
Keywords
  • model cooperative learning,
  • tipe word square,
  • IPS SD
How to Cite
Maratusolihat, P., Syaban, M., & Nurhayati, Y. (2016). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Word Square Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar . EDUCARE, 14(2), 69-80. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/213

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran ialah model kooperatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat pengaruh penerapan model Cooperative Learning tipe Word Square terhadap hasil belajar dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan bentuk desain Pre-Eksperimen. Populasi diambil sebanyak 77 orang adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gunungkoneng yang menjadi tiga kelas, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas IV A dan kelas IV B. Untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan instrumen soal. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel. Uji normalitas, maka distribusi data hasil pre-test kelas kontrol tersebut normal.Setelah diketahui bahwa data pre-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dilanjutkan dengan uji homogenitas. Pengujian homogenitas antara dua variabel yang berarti bahwa data pre-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post test siswa kelas eksperimen dan nilai post test siswa kelas kontrol. Hal ini dapat di Interprestasi, tinggi.

References

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik dan Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Colin. Marsh. (2012). Kompetensi mengajar peserta didik. Jakarta. Depdikbud

Depdiknas. (2006:140). Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah. (2012). Pembelajaran Kooperatif Square. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hornby. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square. Bandung: Rosda Karya.

Karim, dkk. (2011). Materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Pendidikan

Kardi dan Nur. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Krathwohl. (2012). Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Meltzer, (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mujiman. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square . Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

Priyatno, Duwi. (2014). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Ruskandi. (2012). Keterampilan Sosial Siswa dalam pembelajaran IPS . Bandung: Tarsito

Slameto. (2013). Hasil Belajar Siswa Jakarta: Balai Pustaka.

Slameto. (2015). Hasil Belajar Siswa Jakarta: BalaiPustaka.

Sardirman. (2012). Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta. Sumantri. (2012). Minat dan Bakat Siswa. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2013). kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa. Bandung: Rosdakarya

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. (2016). Pedoman Penulisan Karya ilmiah UNLA Bandung. Bandung: Universitas Langlangbuana Bandung