Vol. 1 No. 1, Juni 2002
Research

Matematika dalam Era Globalisasi

Mumun Syaban
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana
Published May 20, 2006
How to Cite
Syaban, M. (2006). Matematika dalam Era Globalisasi. EDUCARE, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/3

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat pesat terutama dalam bidang informasi begitu cepat, sehingga informasi yang terjadi di dunia , dapat kita ketahui dengan segera, yang mengakibatkan batas Negara dan waktu sudah tidak ada perbedaan lagi.  Akibat dari perkembangan IPTEK itu timbullah suatu masa atau era yang disebut dengan Era globalisasi. Dalam era globalisasi ini banyak yang akan terjadi, misalnya dalam bidang ekonomi adanya pasar bebas yaitu AFTA 2003 dan WTO. Dalam menghadapi era globalisasi itu faktor yang paling dominan adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM).Memasuki era globalisasi ini diperlukan sumber daya manusia yang handal dan mampu berkompetisi secara global. Sumber daya manusia dapat di tingkatkan, hanya dengan melalui pendidikan. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan globalisasi.Untuk meningkatkan mutu pendidikan, dalam hal ini pelajaran matematika sebaiknya materi pelajaran matematika dikaitkan dengan kehidupan nyata di masyarakat, kemudian guru mengangkatnya kearah konsep matematika tertentu. Untuk mengetahui apakah kompetensi dasar sudah dicapai atau belum perlu diadakan suatu evaluasi, sehingga indikator-indikator pencapaian hasil belajar yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran khusus, tujuan pembelajaran umum dan tujuan mata pelajaran betul-betul tercapai.

References

  1. Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objective, David McKay Co. Inc
  2. Departemen Pendidikan Nasional (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika, Jakarta: Pusat Kurikulum.
  3. Erman S. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika, Bandung: Jurdikmat FPMIPA-Universitas Pendidikan Indonesia.
  4. Suharsimi Arikunto (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bandung: Bumi Aksara