Asesmen Proses

Asesmen Proses

Authors

  • Mumun Syaban Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana

Abstract

Asesmen dipakai untuk membuat suatu keputusan oleh guru. Keputusan tersebut dipakai untuk perbaikan kualitas pembelajaran. Langkah- langkah proses dan pelaksanaan asesmen adalah merencanakan penilaian (plan assessment), mengumpulkan bukti ( gather evidence), menginterpretasikan bukti (Interpret evidence) , dan menggunakan hasil (use results). Dalam kegiatan belajar mengajar paling tidak ada dua hal yang dapat dinilai yaitu keberhasilan siswa dalam belajar dan keberhasilan guru dalam mengajar, dari kedua hal tersebut dapat di asessmen mengenai proses dan hasil.

References

Oemar Hamalik (2001) Teknbik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan; Bandung: Mandar Maju.

Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika; Bandung.

Suharsirni.A. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Clasroom Assessment. New York:Macmillan College Publishing Company.

Suherman, E. (1991). Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.

------- (1995); Assessment Standards For School Mathematics; United States of Amerika: NCTM.

Downloads

Published

2006-08-01

How to Cite

Syaban, M. (2006). Asesmen Proses. EDUCARE, 2(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/20

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...