PENERAPAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PENERAPAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Mumun Syaban Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana

Abstract

Model pembelajaran investigasi adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang matematika. Dengan jalan memberikan kesempatan menyelidiki situasi- situasi yang menarik hati mereka, sehingga mereka dapat menyusun pola atau keteraturan, menyusun dugaan (conjectures), mencari data yang dapat mendukung dugaan tadi dan membuat kesimpulan.Dengan pembelajaran investigasi atau eksplorasi, diharapkan siswa dapat menemukan cara-cara baru dalam menggunakan pengetahuan matematika mereka dan menggunakan matematika sebagai alat untuk pemecahan masalah; dan berabstraksi berdasarkan pengalaman dalam pemecahan masalah yang terkait dengan konsep, ide, keterampilan, prosedur, dan struktur yang memiliki tingkat lebih pada aplikasi secara menyeluruh.

References

Evans, J. R. (1987). Investigations. The State of The Art Mathematics in School. January, pp 27 – 30.

Joyce B., Weil M., dan Calhoun E. (2000). Model of Teaching. Sydney: Allyn & Bacon.

Krismanto, A.. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika (PPPG).

Marpaung, Y. (2003). Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Sanata Dharma, tanggal 27—28 Maret 2003.

Nandika, D. (2005). Rendahnya Kemampuan Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=182149 [23 Pebruari 2005]

Organisation for Economic Co-Operation and Development (2004). Learning for Tomorrow’s World. Tersedia: http://www.pisa.oecd.org/ dataoecd/1/60/pdf.

Puspendik (2005). Informasi Ujian Nasional dan Ebtanas. [Online]. Tersedia: http://www.puspendik. Com.

Shadiq, F. (2000). Investigasi dalam Kegiatan Mengajar Matematika. Jurnal Gentengkali, Edisi 5 Tahun III, pp. 35 – 37.

Vui, T. (2001). Mathematical Investigation. Makalah disajikan pada Seameo Recsam, Penang, Malaysia, 26 February – 7 April 2001.

Downloads

Published

2006-08-01

How to Cite

Syaban, M. (2006). PENERAPAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. EDUCARE, 4(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/35

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...