Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran SAVI Terhadap Kreativitas Peserta Didik Dalam Tari Kaulinan Barudak di Sekolah Dasar

Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran SAVI Terhadap Kreativitas Peserta Didik Dalam Tari Kaulinan Barudak di Sekolah Dasar

Authors

  • Kamilia Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ria Herdhiana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ludi Hermawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

kreativitas, model pembelajaran savi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kreativitas Perserta didik dalam tari kaulinan barudak dikelas eksperimen yang mengimplementasikan model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual, Intellectualy) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar perserta didik dalam pembelajaran seni tari, terutama dari dalam diri Perserta didik masih kurangnya pengetahuan tentang pembelajaran seni tari. Populasi dalam penenlitian ini yaitu Perserta didik SDN 128 Haurpancuh kelas III B 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas III C 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi terdapat lembar observasi guru yaitu lembar observasi yang menerapkan model pembelajaran SAVI dan lembar observasi perserta didik yaitu lembar observasi penilaian kreativitas perserta didik yang telah di judgement expert kepada dosen yang ahli dalam bidangnya. Hasil penenlitian dapat diperoleh rata – rata post test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus Independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas perserta didik dalam tari kaulinan barudak dikelas eksperimen yang mengimplementasikan model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual, Intellectualy) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

References

Ali, M. & M. Ansori. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawati, S W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 02, No.02 (2014). Hal 1-10. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.

Mulyati, E & Hendriyana H. (2013). Kaulinan Barudak Sebagai Sumber Penciptaan Tari Anak – Anak di Kabupaten
Sumedang. Volume 23 No.3 (September 2013). Hal 330 – 334. Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI). Bandung.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustika, D T. Dkk. (2013). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Di Smp Negeri 1 Padang Panjang. Volume 2. No 1. Hal 44-49 (2013). E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang.

Permini, N.L.D, Made S. & Ni Wayan R (2014). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Volume 2, No.1. Hal. 1-10. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.

Shoimin, A. (2017). Model – Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sihwunedar, R. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) Pada Siswa Kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro Tahun Pelajaran 2013/2014. Volume 4, No.4 (November 2015). Hal. 137-148.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kualitaif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, A. (2016). Kaulinan Barudak Sebagai Sumber Ajar Dalam Penciptaan Tari Anak Di Sekolah Dasar. Volume 2 No.1, (Febuari 2016). Pendidikan Seni Tari FPSD Universitas Pendidikan Indonesia.

Zusnani, I. 2013. Pendidikan Kepribadaian Siswa SD-SMP. Jakarta Selatan: Tugu Publisher.

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Kamilia, Herdhiana, R., & Hermawan, L. (2019). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran SAVI Terhadap Kreativitas Peserta Didik Dalam Tari Kaulinan Barudak di Sekolah Dasar . EDUCARE, 17(1), 1–6. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/234

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

Loading...