Vol. 17 No. 1, Juni 2019
Research

eningkatan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Materi Fungsi Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya Melalui Penerapan Model Picture and Picture

Mia Siti Fauziah
Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
Ria Herdhiana
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
imam Jahrudin Priyanto
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 28, 2019
Keywords
  • Model picture and picture,
  • pemahaman IPA,
  • bagian tumbuhan dan fungsinya
How to Cite
Fauziah, M. S., Herdhiana, R., & Priyanto, imam J. (2019). eningkatan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Materi Fungsi Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya Melalui Penerapan Model Picture and Picture . EDUCARE, 17(1), 22-27. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/237

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar dengan menggunakan model picture and picture. Untuk melihat apakah adanya peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya mula-mula dilakukan pretest sebagai tahap awal untuk melihat kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan model picture and picture, dilanjutkan dengan posttest yang akan digunakan sebagai hasil perbandingan apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman peserta didik setelah diberikan perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 24 for windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample T-test. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh sebagai berikut: 1) Terdapat peningkatan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya menggunakan model picture and picture pada peserta didik sekolah dasar. 2) Peningkatan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam yang menggunakan model picture and picture lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model yang biasa digunakan pendidik. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pejaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang pembelajarannya menggunakan model picture and picture.

References

Anurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Astiani. (2018). Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Peningkatan Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Langlangbuana. Tidak Diterbitkan.

Irham, M & Wiyani, N.A. (2104). Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung:PT Refika Aditama.

Kuswana, Sunaryo W. (2017). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa kelas II SDN 01 Jaten. Digilib.uns.ac.id dan Perpustakaan.uns.ac.id.

Lestari&Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rositawaty&Muharam. (2008). Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Setiani, A. & Priansa, D.J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran; Cerdas, Kreatif, dan inovatif. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Muhsin, dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konstektual. Jurnal Peluang, 1, 13-24.
Diakses dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/download/5590/4621 pada 18 November 2018.
Suramto, dkk. (1997). Validitas, Reliabilitas Dan Nilai Standar Dari Tes Pemahaman, Tes Penalaran Dan Tes Berhitung. Jurnal Psikologi, 2, 74-83. Diakses dari https://Jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/10051/7559 pada 30 Desember 2018