Vol. 4 No. 1, Agustus 2006
Research

PROFIL KEMAMPUAN GENERIK PERENCANAAN PERCOBAAN CALON GURU HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN GENERIK PADA PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN

Taufik Rahman
Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Nuryani Rustaman
Program Studi Pendidikan IPA PPS Universitas Pendidikan Indonesia
Nana Syaodih
Program Studi Pengembangan Kurikulum PPS Universitas Pendidikan Indonesia
Anna Poedjiadi
Program Studi Pendidikan IPA PPS Universitas Pendidikan Indonesia
Published August 1, 2006
How to Cite
Rahman, T., Rustaman, N., Syaodih, N., & Poedjiadi, A. (2006). PROFIL KEMAMPUAN GENERIK PERENCANAAN PERCOBAAN CALON GURU HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN GENERIK PADA PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN. EDUCARE, 4(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/41

Abstract

Telah dilakukan studi deskriptif tentang profil kemampuan calon guru dalam merencanakan percobaan hasil pembelajaran praktikum berbasis kemampuan generik pada materi fisiologi tumbuhan. Subyek penelitian meliputi 28 mahasiswa calon guru biologi di semester lima yang mengambil praktikum fisiologi tumbuhan. Instrumen yang digunakan berupa soal isian yang telah divalidasi. Manfaat penelitian untuk megevaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan merencanakan praktikum mahasiswa tergolong tinggi (rerata = 81,4). Profil kemampuan generik perencanaan tersebut meliputi pemodelan tergolong kategori tinggi (rerata =83,9), inferensi logika termasuk kategori sedang (rerata =79,9), dan sebab akibat tergolong kategori sedang (rerata =79,7). Dengan demikian, secara umum pembelajaran praktikum berbasis kemampuan generik berdampak positif terhadap baiknya profil kemampuan generik perencanaan praktikum calon guru.

References

  1. Bidwell, R.G.S. (1979). Plant Physiology (second ed.). Macmillan Publishing Co., INC.:New York.
  2. Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Pengembangan Sistem Tenaga Kependidikan Abad ke-21 (SPTK-21). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Dwijoseputro. (1980). Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Gramedia: Jakarta. Haladyna, T.M. (1997). Writing Test Item To Evaluate Higher Order Thinking. Boston: Allyn and Bacon.
  4. Ibrahim, M. dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. University Press, Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program Pascasarjana UNESA: Surabaya.
  5. Joyce, W., & Weil, M. (with Calhoun, E). (2000). Models of Teaching (Sixth. ed). Boston: Allyn Bacon, A Pearson Education Company.
  6. Klausmeier, HJ. & Sipple, T.S. (1980). Learning and Teaching Concept: A Strategy for Testing Applications of Theory. London: Academic Press Inc. Ltd.
  7. Lawson, A. E. (1994). Science Teaching and The Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company.
  8. Marzano, R. J. , Pickering. D., & McTighe, J.. (1993). Assessing Student Outcomes: Performance Assessment Using The Dimensions of Learning Model. Virginia: ASCD Publications.
  9. Osborne, R. et.al. (1985). Learning in Science: The Implication of Children’s Science. London: Heinemann.
  10. Reif, F. (1995). Millikan Lecture 1994: Understanding and Teaching Important Scientific Thought Processes. American Journal of Physics. 63 (1). P. 17 – 32.
  11. Rahman, T. dkk .(2004). Panduan Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Bandung: Jur. Pend Biologi UPI.
  12. Rustaman, N. Y. dan Pramadi, A (1996). Pengelolaan Laboratorium Biologi. Bandung: Jur.Pend. Biologi FPMIPA IKIP Bandung.
  13. Russell, T and Harlen, W. (1990). Practical Tasks, Assessing Science in The Primary Classroom. London: Paul Chapman Publishing Ltd.
  14. Subiyanto. (1988). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Dirjendikti Depdikbud: Jakarta.
  15. Sudarwanto, M. dkk. (2001). Hakikat Pembelajaran MIPA Biologi Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Antar Universitas Departemen Pendidikan Nasional.
  16. Supratna, R. (1997). Studi Analisis Tentang Penyusunan Pedoman Penulisan Petunjuk Praktikum Biologi. Laporan Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Bandung. Tidak Diterbitkan.
  17. Moerwani, P. dkk. (2001). Hakikat Pembelajaran MIPA Kimia Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Antar Universitas Departemen Pendidikan Nasional.
  18. Muslimin Ibrahim dan Mohamad Nur. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press, Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program Pasca sarjana UNESA.
  19. Brotosiswoyo, B. S. (2001). Hakikat Pembelajaran MIPA Fisika Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Antar Universitas Departemen Pendidikan Nasional.
  20. Winatasasmita, Dj. (1996). Buku Materi Kegiatan Pelatihan Pengelola Laboratorium FPMIPA LPTK Bidang Biologi: Pengadaan Alat dan Bahan. Bandung: Jur.Pend. Biologi FPMIPA IKIP Bandung.