Vol. 1 No. 2, Agustus 2002
Research

PERANAN PERTANYAAN TERHADAP KEKUATAN RETENSI DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWA SMU

Taufik Rahman
Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Published August 1, 2006
How to Cite
Rahman, T. (2006). PERANAN PERTANYAAN TERHADAP KEKUATAN RETENSI DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWA SMU. EDUCARE, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/12

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang peranan pertanyaan terhadap retensi dalam pembelajaran sains pada siswa SMU. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel diambil secara claster random yang meliputi satu kelas eksperimen menggunakan pertanyaan pengarah dan satu kelas kontrol dengan pertanyaan biasa tanpa pengarah dalam pembelajarannya. Tes retensi dilakukan setelah tiga minggu dari pos tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil postes siswa dari kedua pembelajaran pada umumnya sangat baik demikian pula retensinya. Hasil postes dari kedua pembelajaran tidak berbeda, namun retensinya berbeda signifikan, retensi siswa hasil pembelajaran dengan pertanyaan penuntun lebih baik dari pertanyaan biasa.

References

  1. Anderson, R.C., 1973, Teaching and The Science of Learning, New York: Harper and Row Publishers
  2. Gagne, R.M. 1985. The condition of Learning and theory of Instruction. New York: Holt, Renehart and Winston.
  3. Gagne, R.M. and Briggs L,J. 1974. Principoles of Instructional Design. New York: Renehart and Winston
  4. George, B and Wragg, 1997, Bertanya, Jakarta: Gramedia
  5. George J.M., 1967, Psychology for Effective Teaching, New York: Holt, Rinehart and Winstron, Inc.
  6. James Deese, 1959, The Psychology of Learning, London: Mc. Graw Hill Book Comp.
  7. Jim Flower and Lou Cohen, 1990, Practical Statistics for Field Biology, Milton Keyners: Open University Press
  8. Mohamad Uzer Usman, 1995, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya
  9. Nuryani Rustaman, 1999, Pertanyaan, Teknik Bertanya dan Keterampilan Bertanya, Handout Mta Kuliah SBM: Tidak diterbitkan
  10. Osborne, J. 1993. Alternatives to Practical Work. School Science Research. 25. (271): 117-123.
  11. Ratna Wilis Dahar, 1992, Dampak Pertanyaan dan Teknik Bertanya Guru Selama PBM IPA Pada Berpikir Siswa, Laporan Penelitian: tidak diterbitkan.
  12. Semb and Ellis, 1993, Long-term Memory For Knowledge Learned in School, Journal of Education Psychology, vol.85, No.2: 305-316
  13. Slameto, 1987, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
  14. Susan Hanley, 1997, Constructivist Theory, Internet
  15. Travers, R.M.W., 1982, Information, Processing and Learning, New York: Mc. Graw Hill Book Comp.
  16. Wang and Thomas, 1995, Effect of Keywords on Long-Term Retention: Help or Hindrance?, Journal of Education Psychology vol. 87, No.3: 468-475
  17. Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
  18. Wragg, E.C., 1997, Keterampilan Mengajar di Sekolah Dasar, Jakarta: Rasindo
  19. Wynne Harlen, 1992, The Teaching of Science, London: David Futton Publishers