PERANAN PERTANYAAN TERHADAP KEKUATAN RETENSI DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWA SMU
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang peranan pertanyaan terhadap retensi dalam pembelajaran sains pada siswa SMU. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel diambil secara claster random yang meliputi satu kelas eksperimen menggunakan pertanyaan pengarah dan satu kelas kontrol dengan pertanyaan biasa tanpa pengarah dalam pembelajarannya. Tes retensi dilakukan setelah tiga minggu dari pos tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil postes siswa dari kedua pembelajaran pada umumnya sangat baik demikian pula retensinya. Hasil postes dari kedua pembelajaran tidak berbeda, namun retensinya berbeda signifikan, retensi siswa hasil pembelajaran dengan pertanyaan penuntun lebih baik dari pertanyaan biasa.References
Anderson, R.C., 1973, Teaching and The Science of Learning, New York: Harper and Row Publishers
Gagne, R.M. 1985. The condition of Learning and theory of Instruction. New York: Holt, Renehart and Winston.
Gagne, R.M. and Briggs L,J. 1974. Principoles of Instructional Design. New York: Renehart and Winston
George, B and Wragg, 1997, Bertanya, Jakarta: Gramedia
George J.M., 1967, Psychology for Effective Teaching, New York: Holt, Rinehart and Winstron, Inc.
James Deese, 1959, The Psychology of Learning, London: Mc. Graw Hill Book Comp.
Jim Flower and Lou Cohen, 1990, Practical Statistics for Field Biology, Milton Keyners: Open University Press
Mohamad Uzer Usman, 1995, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya
Nuryani Rustaman, 1999, Pertanyaan, Teknik Bertanya dan Keterampilan Bertanya, Handout Mta Kuliah SBM: Tidak diterbitkan
Osborne, J. 1993. Alternatives to Practical Work. School Science Research. 25. (271): 117-123.
Ratna Wilis Dahar, 1992, Dampak Pertanyaan dan Teknik Bertanya Guru Selama PBM IPA Pada Berpikir Siswa, Laporan Penelitian: tidak diterbitkan.
Semb and Ellis, 1993, Long-term Memory For Knowledge Learned in School, Journal of Education Psychology, vol.85, No.2: 305-316
Slameto, 1987, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Susan Hanley, 1997, Constructivist Theory, Internet
Travers, R.M.W., 1982, Information, Processing and Learning, New York: Mc. Graw Hill Book Comp.
Wang and Thomas, 1995, Effect of Keywords on Long-Term Retention: Help or Hindrance?, Journal of Education Psychology vol. 87, No.3: 468-475
Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Wragg, E.C., 1997, Keterampilan Mengajar di Sekolah Dasar, Jakarta: Rasindo
Wynne Harlen, 1992, The Teaching of Science, London: David Futton Publishers