Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Teman Sebaya Dalam Pelaksanaan Remedial Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar

Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Teman Sebaya Dalam Pelaksanaan Remedial Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar

Penulis

  • Rinda Wati Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Asep Hidayat Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

tutor teman sebaya, remedial teaching, kesulitan belajar

Abstrak

Proses belajar mengajar merupakan inti dari suatu proses pendidikan, dengan guru sebagai pemegang peran utama dan penting. Suatu proses belajar mengajar meununtut untuk adanya perencanaan strategi tertentu, strategi ini merupakan prosedur dan langkah-langkah yang akan ditempuh guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.Tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan kriteria yang di tentukan. Kesulitan belajar pada siswa adalah kemampuan siswa dalam memahami isi atau materi pelajaran yang diberikan guru, sehingga hasil belajar menjadi tidak maksimal bahkan siswa sering menganggap mata pelajaran akuntansi tidak menyenangkan, sehingga belajar menjadi kurang bersemangat bahkan menjadi bertambah kesulitannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas penggunaan metode tutor teman sebaya dalam pelaksanaan remedial untuk mengatasi kesulitan belajar. Metode penelitian adalah menggunakan penelitian eksperimen terhadap kelas X AK 4 di SMK Negeri 3 Bandung.

Referensi

Ahmadi, Abu.(2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Khoiru Lif. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Alhusin, Syahri. (2003). Aplikasi Statistik Praktis Dengan SPSS. 10 For Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S Bahri.(2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, Martin.(2010). Bimbingan Konseling Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Mulyasa, E. (2010). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ruseffendi, E.T .(2005). Dasar- Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Ekstakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sawali. (2007). Diskusi Kelompok Terbimbing Tutor Teman Sebaya. Tersedia di, http;//sawali.info/2007/12/29/

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Fakto yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Diterbitkan

2012-12-28

Cara Mengutip

Wati, R., Hidayat, A., & Zahara, R. (2012). Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Teman Sebaya Dalam Pelaksanaan Remedial Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar. EDUCARE, 10(2), 1–6. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/173

Terbitan

Bagian

Research
Loading...