Efektivitas Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menganalisis Transaksi Keuangan Siswa

Efektivitas Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menganalisis Transaksi Keuangan Siswa

Penulis

  • Noviani Putri Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Euis Ani Arlinah Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Peer tutoring learning methods, improve financial, transaction analysis skills

Abstrak

This research is motivated by the students' low ability to analyze financial transactions in Accounting learning. The objectives of this study are: To find out the effectiveness of the use of peer tutoring learning methods to improve financial transaction analysis skills and to determine the increase in the ability to analyze financial transactions after the Peer Tutor learning method has been conducted. The method used in this research is the experimental method. The population in this study were all students of class X SMK 3 Bandung. The sample in this study was class X AK 4 as an experimental class that received peer tutoring method learning and class X AK 3 as a control class that received ordinary learning. Based on the results of data calculation and hypothesis testing it can be concluded that the application of peer tutoring learning methods is more effective than ordinary learning and there is an increase in students' ability to analyze financial transactions after being given a peer tutoring method.

Referensi

Ahmadi, A dan Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, N (2009). Analisis Transaksi. Tersedia di http://www.accountingscholar.com/analyzing-transactions.html diakses 9/20/12 11:33

Bahri, S dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Eva, Noor Khasanan. (2009) Implementasi Metode Tutor Sebaya dapat Meningkatkan Prestasi Belajar dan Motivasi Mahasiswa Diploma Regular Semester 1. Tesis Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Sekolah Pasca Sarjana. Bandung : Tidak diterbitkan.

Fajar, S. (2006). Prinsip Akuntansi I Menganalisis Transaksi tersedia di http://www.cliffsnotes.com/study_guide/Analyzing-Transactions.topicA. diakses 9/20/12 11:30

John, W. (2000). Analisis transaksi ). Tersedia di http://www.moneyinstructor.com/lesson/accountingtransaction.asp diakses 9/20/12 11:32

Pupuh, F dan Sobry. (2010). Strategi Belajar Mengajar.: PT Refika Aditama.

Kariadinata, R. (2011). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Insan Mandiri.

Meltzer,D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gain Physics:A PossibleHidden VariableIn Diagnostias Pretes Score. Dalam American Journal tersedia. http://www.physics.iastate.edu/pe/docs/AJP-Dec-2002-vol.70-1259-1268.pdf. (30 Juli 2012).

Mariam, P. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tesis Program Studi Pengembangan Kurikulum Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Russefendi. (2005). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya Dalam Pengajaran Matematika. Bandung : Tarsito.
Russefendi. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung : Tarsito.

Russefendi. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung : CV.IKIP Semarang Press.

Santoso, S. (2009). Teknologi Pendidikan. Bandung : CV. Jemmar

Saronto, S. (2004). Akuntansi SMK . Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : IMSTP JICA.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Soemarso. (2004). Dasar-dasar Akuntansi . Bandung : Salemba Empat.

Sawali. (2007). Diskusi Kelompok Terbimbing Tutor Sebaya. Dalam jurnal tersedia di ,http://sawali.info/2007/12/29/diskusi-kelompok-terbimbing-tutor-sebaya/ diakses (19-01-2012)

Zakaria. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuasn Siswa Dalam Menganalisis Transaksi Keuangan Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Madrasah Aliyah. Tesis Program Studi Pengembangan Kurikulum Pasca Sarjana UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Zaini, H. (2001). Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Tutor Teman Sebaya. Dalam Jurnal tersedia di http://kusdiyono.wordpress.com/2010/11/25/pembelajaran-denganmetode-tutor-sebaya-peraya / diakses (19-01-2012).

Diterbitkan

2012-12-28

Cara Mengutip

Putri, N., Zahara, R., & Arlinah, E. A. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menganalisis Transaksi Keuangan Siswa. EDUCARE, 10(2), 46–57. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/178

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 
Loading...