Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Metode Diskusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Kata Kunci:
The increase student interest in learning,, the effectiveness of the use of teaching materials LKSAbstrak
This research was conducted to determine the differences in student learning interest between the experimental class and the control class after the learning process was carried out. This type of research is experimental research, with a Quasi Experiment control group design, which is quantitative in nature. With the population of this study were high school students BPI 2 Bandung class X, while the sample of this study was class X-2 as a control class totaling 33 students and X-3 as an experimental class amounting to 32 students. This research was carried out at SMA BPI 2 Bandung. From the results of data analysis in this study, the use of LKS teaching materials in the Discussion Method is effectively used to increase student learning interest. Thus the use of LKS teaching materials in the discussion method has a positive influence on student learning interest and is effectively used to increase student learning interest.Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Atmaja, L Setia. (2009). Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Belawati, T., dkk. (2008). Pengembanagan Bahan Ajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, S Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati., Modjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hadis, A., dan Nurhayati. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Hasbullah. (2006). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Iryani, Sri. (2008). Penggunaan Bahan Ajar Overhead Transparancies (OHT) Dalam Metode Tanya Jawab dan Latihan Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Skripsi UNLA Bandung : Tidak diterbitkan.
Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rajawali Pers
Mulyasa, E. (2010). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Bandung : Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. (2011). Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya
Mulyani, S Nur., dkk. (2008). Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Pupuh, F dan Sobry. (2010). Strategi Belajar Mengajar.: PT Refika Aditama.
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar- dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Ekstakta Lainnya. Bandung : Tarsito
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Silberman, M. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani dengan YAPPENDIS : Yogyakarta
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, N.Sy. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Yayasan Kesuma Karya
Sukmadinata, N.Sy. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sutikno, S dan Pupuh. (2010). Strategi Belajar Mengajar.: PT Refika Aditama.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya
Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo
Tim Penyusun. (2011). Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung : FKIP UNLA
Atmaja, L Setia. (2009). Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Belawati, T., dkk. (2008). Pengembanagan Bahan Ajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, S Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati., Modjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hadis, A., dan Nurhayati. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Hasbullah. (2006). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Iryani, Sri. (2008). Penggunaan Bahan Ajar Overhead Transparancies (OHT) Dalam Metode Tanya Jawab dan Latihan Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Skripsi UNLA Bandung : Tidak diterbitkan.
Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rajawali Pers
Mulyasa, E. (2010). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Bandung : Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. (2011). Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya
Mulyani, S Nur., dkk. (2008). Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Pupuh, F dan Sobry. (2010). Strategi Belajar Mengajar.: PT Refika Aditama.
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar- dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Ekstakta Lainnya. Bandung : Tarsito
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Silberman, M. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani dengan YAPPENDIS : Yogyakarta
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, N.Sy. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Yayasan Kesuma Karya
Sukmadinata, N.Sy. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sutikno, S dan Pupuh. (2010). Strategi Belajar Mengajar.: PT Refika Aditama.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya
Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo
Tim Penyusun. (2011). Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung : FKIP UNLA
Unduhan
Diterbitkan
2012-12-28
Cara Mengutip
Ningrum, R. D. M., Hidayat, A., & Handoko, S. (2012). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Metode Diskusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa . EDUCARE, 10(2), 70–81. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/180
Terbitan
Bagian
Research