Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Metode Diskusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Metode Diskusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Penulis

  • Rima Dina Mawar Ningrum Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Asep Hidayat Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

The increase student interest in learning,, the effectiveness of the use of teaching materials LKS

Abstrak

This research was conducted to determine the differences in student learning interest between the experimental class and the control class after the learning process was carried out. This type of research is experimental research, with a Quasi Experiment control group design, which is quantitative in nature. With the population of this study were high school students BPI 2 Bandung class X, while the sample of this study was class X-2 as a control class totaling 33 students and X-3 as an experimental class amounting to 32 students. This research was carried out at SMA BPI 2 Bandung. From the results of data analysis in this study, the use of LKS teaching materials in the Discussion Method is effectively used to increase student learning interest. Thus the use of LKS teaching materials in the discussion method has a positive influence on student learning interest and is effectively used to increase student learning interest.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Atmaja, L Setia. (2009). Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Belawati, T., dkk. (2008). Pengembanagan Bahan Ajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, S Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati., Modjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hadis, A., dan Nurhayati. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Hasbullah. (2006). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Iryani, Sri. (2008). Penggunaan Bahan Ajar Overhead Transparancies (OHT) Dalam Metode Tanya Jawab dan Latihan Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Skripsi UNLA Bandung : Tidak diterbitkan.

Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rajawali Pers

Mulyasa, E. (2010). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2011). Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya

Mulyani, S Nur., dkk. (2008). Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Pupuh, F dan Sobry. (2010). Strategi Belajar Mengajar.: PT Refika Aditama.

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar- dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Ekstakta Lainnya. Bandung : Tarsito

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Silberman, M. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani dengan YAPPENDIS : Yogyakarta

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, N.Sy. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Yayasan Kesuma Karya

Sukmadinata, N.Sy. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sutikno, S dan Pupuh. (2010). Strategi Belajar Mengajar.: PT Refika Aditama.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo

Tim Penyusun. (2011). Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung : FKIP UNLA

Diterbitkan

2012-12-28

Cara Mengutip

Ningrum, R. D. M., Hidayat, A., & Handoko, S. (2012). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Metode Diskusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa . EDUCARE, 10(2), 70–81. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/180

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 
Loading...