Efektivitas Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari

Efektivitas Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari

Penulis

  • Lutfi Muhammad Hidayat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Role Playing terhadap peningkatan keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan adalah True experimental design, True experimental design yang digunakan adalah posttest-only control design. dengan sampel di kelas IV A sebanyak 30 peserta didik dan di kelas IV B 30 peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Role Playing dan kelas kontrol diberi perlakuan metode konvesional. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterampilan berbicara peserta didik. berdasarkan uji statistic diperoleh Sig = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing memberikan pengaruh hasil belajar yang signifikan dibanding dengan metode pembelajaran konvesional.

Referensi

Sudjana, Nana. 2013 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

H.G Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Martinis Yamin. 2008. Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Abdul Azis Wahab. 2010. Metode & Model Mengajar. Bandung : Alfabeta

Sulistyo dan Basuki. 2006. Metode penelitian. Jakarta : Penaku

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

St Y Slamet. 2010. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta : Sang Media

Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung C.V Maulana

Djago Tarigan. 1992. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Puji Santosa, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta : UT Jakarta

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Sugiyono. 2012. Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Riduan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : ALFABETA

Abdurahman, Maman, dkk. 2011. Dasar- Dasar Metode Statistika untuk Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Ariyanti, Rika Evalia. 2010. Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Cerita Rakyat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SDN Tegalweru Kabupaten Malang. Skripsi Universitas Negeri Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandarwassid. 2009. Strategi Pembelajaran
Bahasa. Bandung: PT Remaja

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang:Widya Karya

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Diterbitkan

2016-12-30

Cara Mengutip

Hidayat, L. M., Syaodih, E., & Zahara, R. (2016). Efektivitas Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari. EDUCARE, 14(2), 18–29. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/208

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...