Pendampingan dan Pembimbingan Pembuatan Alat Tes High Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru-Guru SMP Kemala Bhayangkari Bandung

Pendampingan dan Pembimbingan Pembuatan Alat Tes High Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru-Guru SMP Kemala Bhayangkari Bandung

Penulis

  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Agung Cahya Gumelar Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

pendampingan, pembimbingan, HOTS

Abstrak

Permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau high order thinking skills (HOTS) di negara kita pada tahun 2017 pelaksanaan penyelenggaraan UNBK sudah menerapkan ujian HOTS, keadaan ini menyebabkan peserta didik mengeluh dengan soal-soal yang diberikan terlalu sulit dan dipandang tidak sesuai dengan apa yang diajarkan di kelas. Di pihak lain banyak sekali masalah-masalah yang dihadapi guru selama melaksanakan pembelajaran, juga dalam hal membuat alat evaluasi tes HOTS, karena selama ini belum ada pendampingan dan pedoman dalam membuat instrumen tes HOTS. Target luaran kegiatan pendampingan dan pembimbingan pembuatan instrumen tas HOTS adalah: (1) Pemahaman guru-guru dalam pembuatan soal tes HOTS; (2) Peningkatan kemampuan guru-guru dalam mengidentifikasi indikator soal tes HOTS; (3) Guru-guru dapat membuat sendiri instrumen tes HOTS; (3) hasil karya guru berupa instrumen tes HOTS dapat diuji cobakan kepada peserta didik; dan (5) Artiker jurnal ber ISSN.

Referensi

tidak tersedia

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Widyatiningtyas, R., & Gumelar, A. C. (2018). Pendampingan dan Pembimbingan Pembuatan Alat Tes High Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru-Guru SMP Kemala Bhayangkari Bandung. EDUCARE, 16(2), 22–26. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/226

Terbitan

Bagian

Community Service
Loading...