Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah

Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah

Penulis

  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana

Abstrak

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan suatu desain kurikulum yang dikembangkan berdasarkan seperangkat kompetensi tertentu. Pembelajaran Berbasis Kompetensi adalah program pembelajaran di mana hasil belajar atau kompetensi yang diharapkan dicapai oleh siswa, sistem penyampaian dan indikator penyampaian hasil belajar dimasukkan secara tertulis sejak perencanaan dimulai. Dengan memperhatikan karakteristik pengembangan implementasi KBK serta konsep, tujuan dan prinsi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dapatlah dikatakan bahwa implementasi KBK hanya akan berhasil dengan baik apabila praktek manajemen sekolah diisi dengan semangat impelemenasi MBS. Pelaksanaan implementasi MBS yang benar akan menjamin peningkatan kadar implementasi KBK di setiap sekolah.

Referensi

Tersedia di dalam naskah.

Diterbitkan

2006-07-01

Cara Mengutip

Widyatiningtyas, R. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah. EDUCARE, 3(1). Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/84

Terbitan

Bagian

Research
Loading...