Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Lks untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Studentd Team-Achivment Divissions (STAD) dengan menggunakan LKS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model kooperatif ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada ranah kognitif yang rendah pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK Negeri 3 bandung. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu model yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih menekankan siswa untuk belajar bersama-sama sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan apa yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan sifat penelitian kuantitatif Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa. (1)terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LKS (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa. peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada siswa yang tidak diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Hanafiah, N., & suhana, c. (2010). konsep strategi pembelajaran. PT. Refika aditama.
Huda, M. (2013). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning. Boston: Allyn and Bacon.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto, M. P. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Askara.