Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Yani Kustiani Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Uus Manzilatusifa Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penerapan metode pembelajaran inquiry dilakukan dengan dilatar belakangi oleh rendahnya berpikir kreatif siswa dalam belajar ekonomi. Metode pembelajaran inkuiri merupakan salah satu metode yang dapat berpengaruh terhadap cara berpikir kreatif siswa yang berarti metode pembelajaran inkuiri lebih menekankan siswa untuk belajar mengurangi ketergantungan terhadap guru untuk mendapatkan pelajarannya, melatih siswa dalam menggali dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang tidak habisnya, memberi pengalaman belajar seumur hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif, untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan sifat penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran Inkuiri sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) Pengaruh penerapan metode pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara signifikan. Peningkatan berpikir kreatif siswa yang menerapkan metode pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada siswa yang tidak diberikan penerapan metode pembelajaran inkuiri.

References

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT.Remaja Rosda Karya

Faturahman, Sobari. 2011. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Gulo, W. 2012. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Hamdani, Dr.,M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor. Galia Indonesia

Khodijah. 2014. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung. Alfabeta

Mulyasa, E. 2012. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, S.C, Utami. 2010. Pengembangan Kreativitas Bakat Anak. Bandung. Gramedia

Sanjaya, Wina, (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Sukmadinata, Syaodih N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Sunaryo K, Wowo. 2014. Taksonomi Kognitif (Perkembangan Ragam Berpikir). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Tirtahardja,umar. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakart. Rineka Cipta

http://id.wikipedia.org/wiki diakses pada 2 Nopember 2013

http://www.getscoop.com diakses 20 Agustus 2015

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Kustiani, Y., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/130

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...