Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Shinta Puri Aswatinur Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Uus Manzilatusifa Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi persamaan dasar akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan memperoleh informasi tentang prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi persamaan dasar akuntansi. Penelitian ini bersifat kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, unjuk kerja dan tes tertulis.  Berdasarkan hasil pengolahan data yang dianalisis, diperoleh nilai siswa dalam pembelajaran ekonomi materi persamaan dasar akuntansi. Terdapat perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen setelah mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol tanpa perlakuan tersebut yang dibuktikan melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis (uji-t).

References

Dini Rosdiani. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Miftahul Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Nana Syaodih & Erliany S. (2012). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ngalim Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Siska Usulu. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) Pada Mata pelajaran IPS. [Online]. Tersedia http://wwwjurnalonlinejpips.com. [06 November 2016].

Slavin, Robert E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tukiran T., Efi M.F, & Sri H. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Aswatinur, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/149

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...