Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Authors

  • Dewi Sinta Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu inovasi baru dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan semangat belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) yang dipadukan dengan permainan Crossword Puzzle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) termasuk didalamnya penggunaan model deskriptif dan penelitian tindakan. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X lintas minat SMA Negeri 25 Bandung dengan desain penelitian Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-anova dan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki perbedaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT secara signifikan dalam meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi dalam meningkatkan semangat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction).

References

Amari’a, S.H.(2012). Pengaruh Keakraban Guru dengan Siswa Terhadap Semangat Belajar Siswa.Tersedia:

Heriawan, Adang., Darmajari., Senjaya Arip (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sukmadinata, N.S.,Erliany Syaodih, (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Amari’a, S.H.(2012). Pengaruh Keakraban Guru dengan Siswa Terhadap Semangat Belajar Siswa.Tersedia:

Downloads

Published

2017-12-01

How to Cite

Sinta, D., Syaodih, E., & Handoko, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/154

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...