Vol. 5 No. 2 (2019)
Research

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis

Sri Rahayu
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Euis Eka Pramiarsih
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Bella Anantha Sritumini
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
JP2EA Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Published December 31, 2019
Keywords
  • Model Project Based Learning,
  • Kemampuan Kolaborasi Siswa
How to Cite
Rahayu, S., Pramiarsih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 132-143. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/330

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dengan model project based learning dalam mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Model project based learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam suatu proyek yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu untuk menghasilkan suatu produk pengerjaannya berupa proyek perseorangan atau kelompok, dengan demikian siswa secara aktif berkolaboratif dalam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman kerja secara nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap peningkatan kolaborasi siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X PBK SMK Itikurih Hibarna dan terdapat peningkatan kemampuan kolaborasi siswa dengan menggunakan model project based learning pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa kelas X PBK SMK Itikurih Hibarna. Maka dapat dikatakan bahwa model project based learning mampu mempengaruhi secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan kolaborasi siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis

References

Abdulsyani. (1994). Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas Xi Sma Islam Al-Qodir Menggunakan Model Tps Pada Materi Sistem Reproduksi. Artikel Skripsi, 3.

al Tabany, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Dit. PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017, Juni). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning Ancangan Strategis Mengembangkan Metode Pembelajaran Yang Menyenangkan, Inovatif & Menantang. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan PPPPTK BMTI. (2018, November). Diklat Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Khanifah, L. N. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah.

Kompasiana. (2017, September 13). Menjadi Pribadi yang Kreatif, Kritis, Kollaboratif dan Komunikatif. Diambil kembali dari https://www.kompasiana.com/darwonogurukita//59b8af6fc3637642af02eb22/pribadi-yang-kreatif-kritis-kollaboratif-dan-komunikatif?page=all.

Lina, S. d. (2018). Prosiding Seminar dan DiskusiNasional Pendidikan Dasar 2018. PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD, 439.

Mahya, W. N. (2015, November 24). Project Based Learning. Diambil kembali dari http://blog.unnes.ac.id/warungilmu/2015/11/24/project-based-learning/.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Meilinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Yogyakarta.

Ni Nyoman, d. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Rahmat, A. (2014). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saenab, S. (2015). PjBL untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa. Sitti Saenab / PjBL untuk Pengambangan Keterampilan Mahasiswa, 46.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelaaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Syahmadi, H., & Kusriandi, W. (2016). Kupas Tuntas Kurikulum Tahun 2006 & Kurikulum 2013. CV mega Rancage Press.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen . Bandung: Rosda.

Zarkasyi, W. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.