Vol. 17 No. 1, Juni 2019
Research

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar

Kharismawati
Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
Elly Retnaningrum
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Sri Rohartati
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 28, 2019
Keywords
  • masalah matematis,
  • model pembelajaran kooperatif,
  • Think Pair Share,
  • TPS
How to Cite
Kharismawati, Retnaningrum, E., & Rohartati, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar . EDUCARE, 17(1), 7-13. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/235

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sekolah dasar, hal ini terjadi karena kekurangan dari berbagai pihak termasuk dalam pembelajarannya belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis dapat meningkat melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada peserta didik kelas V di SDN Taman Kopo Indah Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas V B yang bertindak sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas V A yang bertindak sebagai kelas kontrol. Adapun tipe tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe soal subjektif, karena tipe tes ini memungkinkan peneliti dapat melihat proses peserta didik dalam berpikir dan menjawab soal yang diberikan juga dalam jawaban uraian dapat terlihat kesalahan serta kesulitan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

References

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Huda, M. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Warsono., Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Barahama, J.Y. (2017). “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta didik dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD”. FIP. UPI. Bandung.

Cahyani, H., & Setyawati, R.W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 151-160.

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, Vol.2, No.1, 26-34.

Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, 53 – 61.

Kartika, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Concept Calon Guru Di Kabupaten Karawang Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, Vol. 6, No. 2, 198-204. doi:10.24127/ajpm.v6i2.863.

Ketriyane, K. (2018). Penerapan Model Tink Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. FKIP. Universitas Langlangbuana. Bandung.

Murni. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora UIN Suska Riau, Vol. 3, No.2, 273 288.

Yaumil, N., & Afri, L.E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Mts Thamrin Yahya. FKIP. Uiversitas Pasir Pengairan. Riau.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006. (2006). tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional.