Vol. 14 No. 2, Desember 2016
Research

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP

Riza Annisa Muthmainnah
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Elly Retnaningrum
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Puji Budilestari
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 30, 2016
Keywords
  • Model Pembelajaran,
  • Problem Based Instruction,
  • Kemampuan Koneksi Matematis
How to Cite
Muthmainnah, R. A., Retnaningrum, E., & Budilestari, P. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. EDUCARE, 14(2), 37-45. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/210

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan koneksi matematis yang perlu ditingkatkan, oleh karena itu dilakukan suatu kajian tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi-eksperimen karena sampel yang digunakan diambil secara tidak acak. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VII-6 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VII- 8 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan koneksi matematis untuk memperoleh data kuantitatif dan lembar observasi untuk memperoleh data kualitatif. Analisis data kauntitatif dilakukan dengan Uji-t yang diperoleh dari skor gain yang ternormalisasi, sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Intruction lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

References

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Andri. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem
Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Skripsi UNLA. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Arikunto dan Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

BNSP. (2006). Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTS. Jakarta: BNSP

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herdian. (2010). Kemampuan Koneksi
Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com./2010/05/27
/kemampuan-koneksi-matematis/. [01 Agustus 2016]
Iendah. (2010). Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction). [online]. Tersedia di: http://iendah09.wordpress.com/2010/0 1/17/model-pembelajaran- pbi- problem-based-instruction/. [Diakses 01 Agustus 2016]

Kurniasari, N. (2013). Kemampuan Koneksi
Matematika Pada Kompetensi dasar Menghitung Luas Permukaan dan Volum Kubus, Balok, Prisma, dan Limas. Tesis UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Nana Sudjana. (2010). Cara Belajar SiswaAktif dalam Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Meltzer. (2002). The Relationship Between
Mathematics Preparation and Conseptual Learning Gain in Physic: A Possible “Hidden in Variabel” in Diagnostics Pretes Score. Department of Physic and Astronomyz: IOWA State University, Ames, Iowa. Tersedia: http://www.physic.iastate.edu/per/doc/ Addendum_on_normalized_gain. [Diakses 01 Agustus 2016]
Mustopa, A.D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Koneksi, Representasi, dan Self- Efficacy Matemaris Siswa SMP Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Formulate-Share- Listen-Create (FSLC). SPs. UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Rahayu, R. (2012). Penerapan Model Problem-Based Instruction untuk meningkatkan kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP. Skripsi. UPI. Tidak diterbitkan
68

Rokhaeni, A. (2011). Penerapan Model Core dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Skripsi UPI: Tidak Diterbitkan.

Rudi, H. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tidak
Diterbitkan Rusman. (2011). Model-model
Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman, (2014). Model-model Pembelajaran. Bandung. Rajagrafindo Persada. Santoso, R. E. B. (2011). Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).
[Online]. Tersedia di: http://www.ras- eko.com/2011/05/model- pembelajaran- problem-based_19.html. [Diakses 01 Agustus 2016]

Sugiyono. (2013). Statistika dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Suherman, E. dkk. (2003). Evaluasi Pembelajaran
Matematika Kontemporer. Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.

Suherman, E. dkk. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Modul Semester 3 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA UPI
Bandung

Suherman, E. dkk. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Balai Percetakan dan Penerbitan UPI.

Toib. (2011). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Ekspositori terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau dari Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Lumajang. Jurnal. STKIP Lumajang: Tidak Diterbitkan.

Torp, L. dan Sage, S. (1964). Problem as Possibilities. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum
Development.

Trianto I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto M. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksa Yuli. (2011). Pengertian Matematika Menurut [Online]. Koneksi NCTM. Tersedia: http://yulimpd.files.wordpress.com/201 1/01/makalah-koneksi.pdf. [02Agustus 2016]