Asesmen (Penilaian) Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2004

Asesmen (Penilaian) Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2004

Authors

  • Mumun Syaban Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana

Abstract

Dalam pembelajaran, sistem evaluasinya masih banyak didominasi oleh satu metode pengujian, yaitu tes kertas-pensil (paper and pencil test) yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi-informasi faktual dan prosedur-prosedur algoritmis saja. Saat ini, dalam kurikulum telah memasukkan tujuan-tujuan proses, sehingga tes-tes yang tertulis diperlukan untuk menilai perolehan keterampilan-keterampilan siswa. Proses ini merupakan bagian yang mendasar dalam pembelajaran. Salah satu saran auntuk negukur penilaian itu adalah dengan metode penilaian alternatif, yang mengukur kemampuan relatif siswa mencapai tujuan proses pengajaran.

References

Tersedia di dalam naskah.

Downloads

Published

2006-10-01

How to Cite

Syaban, M. (2006). Asesmen (Penilaian) Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2004. EDUCARE, 3(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/89

Issue

Section

Research
Loading...