Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa
Keywords:
Model Kooperatif, Type Group Investigation, Kemampuan Interpersonal siswaAbstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type Group Investigasion dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal siswa kelas XI SMKN 1 Bandung dalam pembelajaran melalui model kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama melakukan observasi awal, pertemuan kedua melakukan observasi akhir terhadap kelas tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI PS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI PS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan interpersonal siswa dengan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji, Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji dua Rerata (Uji-t). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1.Terdapat peningkatan kemampuan interpersonal siswa dengan penerapan model kooperatif lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional. 2. Mengetahui perbedaan dalam kemampuan interpersonal siswa yang terdapat di kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penggunaan model pembelajaran dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran kewirausahaan.References
Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo..
Depdiknas.(2003).Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Dahar, R. W. (1996) Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Fatmawati, S. (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanik
Ismullah, S. (2010). Latihan Masuk SD (indikator interpersonal). Jakarta: Cikal Aksara
Moerhead, dkk. 1992. Pandangan Pendidikan. Terjemahan: Andi. Jakarta: Erlangga.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja grafindo Persada
Santoso, N. (2005). Menguasai Statistika Era Informasi dengan SPSS 12. Jakarta: PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Syaodih, Nana. (2007). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaban, M (2011). Pedoman Penyusunan Skripsi. Edisi ke-4, Bandung: FKIP UNLA
Triatno. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Media Group
Ubaedy A. (2008). Interpersonal Skill. Jakarta: Bee Media Indonesia
Wisnuwardhani, N (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Empat.
Depdiknas.(2003).Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Dahar, R. W. (1996) Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Fatmawati, S. (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanik
Ismullah, S. (2010). Latihan Masuk SD (indikator interpersonal). Jakarta: Cikal Aksara
Moerhead, dkk. 1992. Pandangan Pendidikan. Terjemahan: Andi. Jakarta: Erlangga.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja grafindo Persada
Santoso, N. (2005). Menguasai Statistika Era Informasi dengan SPSS 12. Jakarta: PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Syaodih, Nana. (2007). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaban, M (2011). Pedoman Penyusunan Skripsi. Edisi ke-4, Bandung: FKIP UNLA
Triatno. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Media Group
Ubaedy A. (2008). Interpersonal Skill. Jakarta: Bee Media Indonesia
Wisnuwardhani, N (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
2013-12-30
How to Cite
Farida, S. C., Zahara, R., & Ilyas. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa. EDUCARE, 11(2), 28–34. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/185
Issue
Section
Research