Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa

Penulis

  • Seny Chlidatun Farida Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ilyas Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Model Kooperatif, Type Group Investigation, Kemampuan Interpersonal siswa

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type Group Investigasion dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal siswa kelas XI SMKN 1 Bandung dalam pembelajaran melalui model kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama melakukan observasi awal, pertemuan kedua melakukan observasi akhir terhadap kelas tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI PS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI PS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan interpersonal siswa dengan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji, Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji dua Rerata (Uji-t). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1.Terdapat peningkatan kemampuan interpersonal siswa dengan penerapan model kooperatif lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional. 2. Mengetahui perbedaan dalam kemampuan interpersonal siswa yang terdapat di kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penggunaan model pembelajaran dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran kewirausahaan.

Referensi

Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo..

Depdiknas.(2003).Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dahar, R. W. (1996) Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Fatmawati, S. (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanik

Ismullah, S. (2010). Latihan Masuk SD (indikator interpersonal). Jakarta: Cikal Aksara

Moerhead, dkk. 1992. Pandangan Pendidikan. Terjemahan: Andi. Jakarta: Erlangga.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja grafindo Persada

Santoso, N. (2005). Menguasai Statistika Era Informasi dengan SPSS 12. Jakarta: PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

Syaodih, Nana. (2007). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaban, M (2011). Pedoman Penyusunan Skripsi. Edisi ke-4, Bandung: FKIP UNLA

Triatno. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Media Group

Ubaedy A. (2008). Interpersonal Skill. Jakarta: Bee Media Indonesia

Wisnuwardhani, N (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Empat.

Diterbitkan

2013-12-30

Cara Mengutip

Farida, S. C., Zahara, R., & Ilyas. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa. EDUCARE, 11(2), 28–34. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/185

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 
Loading...