Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Penulis

  • Nurdiani Priarana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ria Herdhiana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran Inquiry

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan siswa dalam ranah kemampuan berpikir kritis seperti kemampuan memberikan arugmentasi, silogisme dan penalaran yang propesional.Mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa mengharuskan guru untuk mencari model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis salah satunya adalah mengunakan model pembelajaran inquiry. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimental design. Populasi dari penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Bina warga. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampel dimana kelas XI AK1 dijadikan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan sedangkan kelas XI AK 2 dijadikan kelas kontrol. Analisis data menggunakan Uji-t dan indeks gain. Kesimpulan menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berfikir kritis siswa setelah diberikan model pembelajaran Inquiry.

Referensi

Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Anurahman (2009). Belajar dan pembelajaran. Pontianak : Alfabeta

Arikunto, Suharsmi, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsmi, (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Andiyanti, Ariesma. (2013). Implementasi Metode Pembelajaran Drill dengan Teknik Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi FKIP UNLA Bandung: Tidak diterbitkan.

Desmita. ( 2009). Psikologi Perkembangan peserta didik. Bandung: PT Rosda Karya

Fisher, Alec (2007). Berpikir Kritis:Sebuah pengantar. Jakarta : Erlangga

Helmi (2010). Memahami Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia : http://helm.student.umm.ac.id/2010/08/12/memahami-berpikir-kritis/

Izmaimura (2010). Keterampilan Berpikir Kritis [Online]. Tersedia : http://kekeislearning.blogspot.com/2012/09/keterampilan-berpikir-kritis

Jhonshon, E (2011). Contextual Teaching and learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikan dan Bermakna. Bandung : Kaifa

Mulyasa, E (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muslich Masnur (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nanang dan C. Suhana (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama

Nursyamsiah (2011). Memahami Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia,: http://researchengines.com

Pusat Bahasa (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. [Online]. Tersedia : http://kamusbahasaindonesia.org

Ruseffendi, (2010). Dasar-Dasar Penelitian & Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Rochaminah (2008). Penggunaan Metode penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keguruan. [Online]. Tersedia : http://pmt03.wordpress.com

Sanjaya, Wina (2009). Setrategi Pembelajaran Berorientasi Setandar Pendidikan. Bandung : Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sukmadinata, Nana syaodih (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosida

Tiya, Septiani (2013) . Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Matimatis Pada Siswa SMA. Skripsi FKIP UNLA Bandung: Tidak diterbitkan.

Trianto (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Diterbitkan

2014-12-30

Cara Mengutip

Priarana, N., Herdhiana, R., & Mariam, P. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUCARE, 12(2), 9–19. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/191

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 
Loading...