Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP
Kata Kunci:
Think Talk Write, TTW, Kemampuan komunikasi matematisAbstrak
Penelitian di latar belakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menstimulasi kemampuan komunikasi siswa baik secara lisan ataupun tulisan yaitu model pembelajaran TTW. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII disalah satu SMP di daerah kabupaten Bandung. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Kelas VII-D sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TTW dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP.Referensi
Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Asri, N (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika SMP. Skripsi FKIP UPI: Tidak diterbitkan.
Dianti, A (2007). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.
Djamarah, S.B., (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hendriana, H. dan Sumarno, U (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.
Bandung: Refika Aditama.
Huda, M (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khoerunnisa, E. I. (2014). Penerapan Model-Eliciting Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.
Kurniati, N (2008). Pengaruh Penggunaan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.
Martinis Yamin. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.
Nana Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Oemar Hamalik (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ruseffendi, Prof. E.T (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, Prof. E.T (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Rohani, A (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suherman, E. dkk (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Soedjadi (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
W.Gulo (2002). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.
Wina Sanjaya (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Arikunto, Suharsimi (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Asri, N (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika SMP. Skripsi FKIP UPI: Tidak diterbitkan.
Dianti, A (2007). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.
Djamarah, S.B., (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hendriana, H. dan Sumarno, U (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.
Bandung: Refika Aditama.
Huda, M (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khoerunnisa, E. I. (2014). Penerapan Model-Eliciting Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.
Kurniati, N (2008). Pengaruh Penggunaan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.
Martinis Yamin. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.
Nana Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Oemar Hamalik (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ruseffendi, Prof. E.T (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, Prof. E.T (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Rohani, A (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suherman, E. dkk (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Soedjadi (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
W.Gulo (2002). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.
Wina Sanjaya (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Unduhan
Diterbitkan
2015-12-30
Cara Mengutip
Nuranti, D. S., Budilestari, P., & Irmawan. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP. EDUCARE, 13(2), 1–9. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/198
Terbitan
Bagian
Research