Pengaruh Model Pembelajaran Genius Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA

Pengaruh Model Pembelajaran Genius Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA

Penulis

  • Yuyun Yuhanifah Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Iwan Gunawan Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Pembelajaran Genius Learning, Pendekatan Open Ended

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dalam rangka memperoleh bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran Genius Learning dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X di salah satu Kota Bandung. Populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa digunakan instrument tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata–rata dua kelompok berpasangan dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran Genius Learning dengan pendekatan Open Ended.

Referensi

Ali Mahmudi. (2009). Membangun kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Makalah pada seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya FPMIPA UNY Yogyakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006). Standar isi . Jakarta: BNSP.

Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Gunawan, Adi W. (2007). Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Iwan. (2009). Salah Kaprah Pengajaran Matematika. Bandung: Pikiran Rakyat

Joyce, Robert (1999). Theaching science Through Discovery. Columbus : Meril Publishing Co

Munandar,U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Bineka Cipta

Ruseffendi, (1989). Dasar – dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru . Bandung : Tarsito

Ruseffendi,(2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Suherman, Erman. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : FPMIPA-UPI

Sulastri, N.S. (2013). Pengaruh Penggunaan Multimedia Matematika Interaktif Berbasis Komputer Tipe Simulasi terhadap Kemampuan Kreativitas Matematika pada siswa SMA. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika UNLA Bandung.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan IPTEK. Bandung:Alfabeta.

Syahjuzar dan Mukhlis Hidayat. (2007). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Mengajarkan Materi Persamaan Gari

Utami Munandar. (2009). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada media grup

Wahyudin. (2000). Kemampuan Guru Matematika, calon Guru Matematik, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Bandung : Disertasi PPS IKIP Bandung : Tidak diterbitkan

Wardiman (1994). Visi dan Strategi Pembangunan Pendidikan untuk Tahun 2020 Tuntutan terhadap Kualitas, Bandung : Mimbar Pendidikan IKIP

Diterbitkan

2015-12-30

Cara Mengutip

Yuhanifah, Y., Widyatiningtyas, R., & Gunawan, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Genius Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA. EDUCARE, 13(2), 18–29. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/200

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 
Loading...