Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi

Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi

Penulis

  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ratna Wulansari MTs. Miftahulfalah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.246

Kata Kunci:

example non-example, picture and picture, make a match, pembelajaran bervariasi, konsep peta

Abstrak

Para siswa kelas VII yang mempelajari IPS khususnya tema peta belum dapat mengartikan, menentukan, mengklasifikasi, menyimpulkan, membandingkan, menjelaskan atau menduga konsep-konsep IPS pada umumnya. Upaya peningkatan pemahaman konsep peta menggunakan metode bervariasi antara ceramah dengan metode pembelajaran berbasis kooperatif, khususnya Example Non Example, Picture and Picture dan Make A Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang diarahkan untuk mengetahui tahapan metoda pembelajaran bervariasi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Menggunakan langkah pembelajaran tersebut, terbukti ada peningkatan pemahaman siswa tentang peta. Pembelajaran bervariasi merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru saat menemukan kesulitan mengajarkan materi yang bertujuan mengembangkan pemahaman konsep.

Referensi

Sanjaya, (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata, N.S. dan Syaodih. E. ( 2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Rifeka Aditama.

Susilo. ( 2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Pustaka Book Publisher

Winkel (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Syaodih, E., & Wulansari, R. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi. EDUCARE, 17(2), 84–89. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.246

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 
Loading...