Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi
DOI:
https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.246Kata Kunci:
example non-example, picture and picture, make a match, pembelajaran bervariasi, konsep petaAbstrak
Para siswa kelas VII yang mempelajari IPS khususnya tema peta belum dapat mengartikan, menentukan, mengklasifikasi, menyimpulkan, membandingkan, menjelaskan atau menduga konsep-konsep IPS pada umumnya. Upaya peningkatan pemahaman konsep peta menggunakan metode bervariasi antara ceramah dengan metode pembelajaran berbasis kooperatif, khususnya Example Non Example, Picture and Picture dan Make A Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang diarahkan untuk mengetahui tahapan metoda pembelajaran bervariasi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Menggunakan langkah pembelajaran tersebut, terbukti ada peningkatan pemahaman siswa tentang peta. Pembelajaran bervariasi merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru saat menemukan kesulitan mengajarkan materi yang bertujuan mengembangkan pemahaman konsep.Referensi
Sanjaya, (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta Kencana Prenada Media Group.
Sukmadinata, N.S. dan Syaodih. E. ( 2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Rifeka Aditama.
Susilo. ( 2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Pustaka Book Publisher
Winkel (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Sukmadinata, N.S. dan Syaodih. E. ( 2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Rifeka Aditama.
Susilo. ( 2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Pustaka Book Publisher
Winkel (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Unduhan
Diterbitkan
2019-12-31
Cara Mengutip
Syaodih, E., & Wulansari, R. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi. EDUCARE, 17(2), 84–89. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.246
Terbitan
Bagian
Research