Vol. 4 No. 1 (2019)
Research

Penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together entuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK

Hanny Yulyantika
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Unversitas Langlangbuana
Mumun Syaban
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mochamad Rasyid Ridha
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 29, 2019
Keywords
  • Komunikasi Matematis,
  • Number Heads Together
How to Cite
Yulyantika, H., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together entuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(1), 19-28. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/293

Abstract

Kemampuan komunikasi di SMK masih tergolong rendah, hal ini diperkuat oleh hasil wawancara bersama guru matematika di salah satu sekolah SMK di Kota Bandung. Dan juga diperkuat dari hasil ujian tengah semester matematika pada tahun 2018/2019 masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis ini, peneliti menggunakan model pembelajarn Number Heads Together. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keterlaksanaan model Number Heads Together dan pembelajaran langsung, mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK, mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan model Number Heads Together, mendeskripsikan perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan desain pada penelitian ini adalah kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Bina Warga Bandung. Data yang dikumpulkan berupa pretes dan postes, dengan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Number Heads Together dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

References

Destiyandani, E., Yunianta, T., Mampouw, H., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP N 2 Tuniang pada Materi Segitiga. [Online]. Tersedia.https://doaj.org/article/355701c9a857456fbaae5d9d7031cfc1. Volume 32. Number 2 Editor ISSN 0854-5995. [5 Desember 2016].

Lefudin. 2017. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish

Lestari, Karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama

Mukrima, Sifa S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung : UPI

Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarrta : Ombak

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sumarmo, Utari. 2013. Berfikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung : Diterbitkan

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Wahyuni, Regita., Husna, Nurul., Utami, Citra. 2016. Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas Xi SMA N 6 Singkawang. [Online]. Tersedia. https://doaj.org/article/45d8035b2c544773b489cf689ba200fb. Volume 1. Number 2 Editor ISSN 2477-8443. [September 2016].

Warson, dan Haryanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya