Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams,Games, And Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams,Games, And Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Estri Delfiana Diswara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Uus Manzilatusifa Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Teams, Games, And Tournament(TGT) merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, dapat melibatkan keaktifan seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status,melibatkan peran siswa dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Pembelajaran dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT diharapkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar juga dapat meningkatakan motivasi dengan model ini pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan motivasi siswa pada proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah dan fokus penelitian maka tujuan penelitian yang ingin di capai adalah:1. Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada mata pelajaran ekonomi didalam kelas. 2. Untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa pada pembelajaran ekonomi Materi Mengidentifikasi Kebutuhan Manusia dan Macam-Macam.Setelah menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams,Games, And Tournament) yang diterapkan di kelas X AP2 (eksperimen) memiliki rata-rata nilai 128,3 sedangkan kelas X AP1 (kontrol) yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata nilai 120.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2010).

Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Agus Suprijono.(2010). Cooperatif Learning,Teori dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

A.M. Sadirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gasindo Persada

Miftahul Huda.(2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers,

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Slavin,R (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Downloads

Published

2015-12-01

How to Cite

Diswara, E. D., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams,Games, And Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/114

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...