Vol. 4 No. 2 (2019)
Research

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning (CTL)

Verawati Triyani
veyravee@gmail.com
Reviandari Widyatiningtyas
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Irmawan
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2019
Keywords
  • Pemecahan Masalah Matematis,
  • model pembelajan Contextual Teaching and Learning,
  • CTL
How to Cite
Triyani, V., Widyatiningtyas, R., & Irmawan. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning (CTL). INTERMATHZO, 4(2), 116-122. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/303

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sangatlah diperlukan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan matematika. Namun kemampuan dalam pemecahan masalah matematis siswa ternyata masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena jarang di latihnya kemampuan pemecahan masalah siswa saat proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui model pembelajan Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen.  Berdasarkan hasil analisis data, dapat di ambil kesimpulan bahwa model CTL dapat Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CTL lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajan CTL dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

BSNP, (2006). Model Penelitian Kelas, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional,

Depdiknas, (2002). Contextual Teaching nd Learing (CTL). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dinia, (2015). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita.

Hartinah, Siti. Perkembangan Peserta Didik, PT. Refika Aditam, Jakarta (2008)

Johnson, Elaine B, (2014), Contextual Teaching and Learning: Menjadikan kegiatan belajar menagajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT.Refika Aditama.

Made Wena.. (2017). Strategi pembelajaran Inovatif kontemporer. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksana.

Mulyono Abdurrahman, (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada

Ruseffendi, E., T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada

Sudjana, N, (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.

Sundayana, Rustina. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta