Vol. 5 No. 2 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik

Puspita Gita Kemala Imani
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Rita Zahara
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Fugiyar Suherman
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
JP2EA Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Published December 31, 2019
Keywords
  • Model Pembelajaran Kooperatif,
  • Tipe Think Pair Share,
  • Percaya Diri
How to Cite
Imani, P. G. K., Zahara, R., & Suherman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 109-118. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/328

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya rasa percaya diri peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi. Salah satu faktor penyebab diantaranya yaitu kurangnya penerapan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif di dalam kelas yang dapat memicu peserta didik menjadi percaya diri. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimental dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 4 Cimahi kelas X IPA lintas minat ekonomi, dimana X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket rasa percaya diri, observasi kelompok belajar dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik.

References

Hamdayama, J. (2015). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Karakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamdayama, J. (2015). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Karakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Heriawan, Adang, dkk. (2012) Metode Pembelajaran: Kajian Teoritis Praktis;Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru)

Huda, M. (2013). Model - Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu - Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lauster, P. (2003). Tes Kepribadian (Terjemahan Cecilia G. Sumekto). Yogyakarta: Kanisius.

Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence)Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Ghufron M. N.,, & Risnawati, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Cetakan I Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1