Pemahaman Struktur Bacaan IPA dan Strategi Memahami Materialnya

Pemahaman Struktur Bacaan IPA dan Strategi Memahami Materialnya

Authors

  • Taufik Rahman Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tomo Tomo Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Salah satu alasan mengapa siswa kurang berhasil dalam belajar sains (IPA) adalah karena mereka mengalami kesulitan membaca buku teks. Siswa yang tidak trampil dalam membaca buku teks hanya akan menghabiskan banyak waktu dalam proses belajar yang tidak produktif. Mereka memiliki peluang yang kecil untuk dapat menyelesaikan masalah yang terdapat dalam teks bacaan. Ada 6 (enam) tipe struktur teks atau pola utama organisasi material teks IPA, yaitu ; sekuens, enumerasi, generalisasi, klasifikasi, perbandingan dan pengontrasan, dan penyelesaian masalah. Untuk dapat memahaminya dengan baik, setiap bentuk struktur teks atau pola organisasi material teks tersebut menuntut strategi membaca tertentu.

References

Armbruster, B.B., Anderson, T.H., & Mayer, J.L. (1991). Teaching Text Structure to Improve Reading and Writing. Science Education, 26, 130-137.

Bond, et. al., (1994). Reading Difficulties. Their Diagnosis and Correction. Allyn and Bacon, Inc,: Boston. USA

Carin, A.A. (1997). Teaching Modern Science. (7th edition). Merril Printice Hall: New Jersey

Cook, L.K. & Mayer, R.E. (1988). Teahing Readers about the Structure of Scientific Text. Journal of Educational Psychology, 80, 448-456.

Depdiknas. (2001). Peranan Dewan Sekolah di Era Otonomi Daerah. Dengan Buku Jelajahi

Dunia.Buletin Pusat Perbukuan. Vol.5. Jakarta: Pusat Perbukuan Dekdiknas

Fellows, N.J. (1992). A Window Into Thinking : Using Students’ Writing to Understand Knowledge Structuring and Conceptual Change. Journal of Research In Science Teaching, 8, 124-130.

Fellows, N.J.(1994). A Window Into Thinking : Using Students’ Writing to Understand Conceptual Change in Science Learning. Journal of Research In Science Teaching, 31, 985-1001.

Fraser, B.J. (1993). Research Implications for Science and Mathematics Teachers. Volume 1. Perth : Curtin University of Technology

Gaskins, I.W. & Guthtrie, J.T. (1994). Integrating Instruction of Science, Reading, and Writing : Goals, Teacher Development , and Assesment. Journal of Research In Science Teahing

Glynn, S.M. & Muth, K.D. (1994). Reading and Writing to Learn Science: Achieving Scientific Literacy. Journal of Research In Science Teahing, 31, 1057-1073.

Gottfried, S.S & Kyle,W.C. (1992). Textbook Use and The Biology Education Desired State. Journal of Research In Science Teaching, 29, 35-49.

Griffin, et al..(1995). Effects of Graphic Organizer Instruction on Fifth- Grade Students. The Journal of Educational Research

Halloun, I. (1996). Schematic Modeling for Meaningful Learning Physics. Journal of Research In Science Teaching. 33,9, 1019-1019. Holliday, W.G. (1994). The Reading – Science Learning- Writing Connection:

Breakthroughs, Barriers, and Promise. Journal of Research In

Science Teaching, 31, 877-893.

Twining, J.E. (1991). Strategies for Active Learning. Allyn and Bacon :

Boston , USA

Downloads

Published

2006-08-01

How to Cite

Rahman, T., & Tomo, T. (2006). Pemahaman Struktur Bacaan IPA dan Strategi Memahami Materialnya. EDUCARE, 2(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/18

Issue

Section

Research
Loading...