Pembelajaran Berbasis Kontekstual dan Implementasinya Melalui Direct Instruction dalam Praktikum Biologi
Abstract
Pembelajaran berbasis kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dipromosikan sebagai alternatif pendekatan baru, seiring dengan digulirkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau Kurikulum 2004 sekarang ini. Pembelajaran melalui pendekatan CTL menitik beratkan siswa belajar dengan mengalami bukan dengan menghapal. Pendekatan-pendekatan pembelajaran yang berasosiasi dengan CTL antara lain Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), life skill education, pembelajaran kooperatif, problem based instruktion dan pembelajaran langsung atau direct instruction. Pendekatan pembelajaran yang dipergunakan perlu tercermin dalam silabus atau rencana pembelajaran.References
Tersedia di dalam naskah.
Downloads
Published
2006-10-01
How to Cite
Rahman, T. (2006). Pembelajaran Berbasis Kontekstual dan Implementasinya Melalui Direct Instruction dalam Praktikum Biologi. EDUCARE, 3(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/91
Issue
Section
Research