Pembelajaran Berbasis Kontekstual dan Implementasinya Melalui Direct Instruction dalam Praktikum Biologi

Pembelajaran Berbasis Kontekstual dan Implementasinya Melalui Direct Instruction dalam Praktikum Biologi

Penulis

  • Taufik Rahman Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

Abstrak

Pembelajaran berbasis kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dipromosikan sebagai alternatif pendekatan baru, seiring dengan digulirkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau Kurikulum 2004 sekarang ini. Pembelajaran melalui pendekatan CTL menitik beratkan siswa belajar dengan mengalami bukan dengan menghapal. Pendekatan-pendekatan pembelajaran yang berasosiasi dengan CTL antara lain Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), life skill education, pembelajaran kooperatif, problem based instruktion dan pembelajaran langsung atau direct instruction. Pendekatan pembelajaran yang dipergunakan perlu tercermin dalam silabus atau rencana pembelajaran.

Referensi

Tersedia di dalam naskah.

Diterbitkan

2006-10-01

Cara Mengutip

Rahman, T. (2006). Pembelajaran Berbasis Kontekstual dan Implementasinya Melalui Direct Instruction dalam Praktikum Biologi. EDUCARE, 3(2). Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/91

Terbitan

Bagian

Research
Loading...