Pengembangan Metode Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis
Kata Kunci:
Problem solving, tipe post solution posing, kemampuan analisisAbstrak
Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi siswa dimana kompetensi/kemampuan berpikir analisis siswa pada mata pelajaran akuntansi masih tergolong rendah padahal kompetensi/kemampuan berpikir analisis merupakan kompetensi prasyarat yang perlu dimiliki siswa dalam mempelajari akuntansi, maka perlu sebuah inovasi dalam pembelajaran, yang bertujuan untuk menemukan suatu metode pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kompetensi/kemampuan berpikir analisis pada mata pelajaran akuntansi. Hasil pengolahan data terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis transaksi ayat jurnal penyesuaian yang cukup signifikan setelah dikembangkannya metode pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing.Referensi
Atmadja, L.S. 2009. Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : CV. Andi.
Aunurrachman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : CV. Alphabeta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan PendidikanJenjang Pendidikan Dasar & Menengah. Jakarta : BSNP.
Depdiknas. 2003. Peraturan Pemerintah Nomor 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas
Faturrohman, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung : PT. Refika Aditama.
Kadir. 2005. Pengaruh Pendekatan Problem
Posing terhadap Prestasi Belajar Matematika Jenjang Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi dan Evaluasi di Tinjau dari Metakognisi Siswa SMU di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 053.
Mahmud, A. 2008. Penerapan Metode Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan Siswa SMA. Jurnal Dinamika Pendidikan : UNNES.
Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muawanah, U. 2008. Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Akuntansi. Klaten : Macanan Jaya Cemerlang.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung : Tarsito Bandung.
Nasution, S. 2007. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Santoso, S. 2009. Teknologi Pendidikan. Bandung : CV. Jemmar.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Kesuma Karya
Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suryabrata, S. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.
Semeru, D. 2009. Pengembangan Model Modul untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. Skripsi Unla Bandung :Tidak Diterbitkan.
Sofyan, S. H. 2004. Teori Akuntansi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Thobroni, M., Mustofa, A. 2011. Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zakaria, R. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Transaksi Keuangan. Tesis Program Pascasarjana UPI Bandung : Tidak diterbitkan.
Aunurrachman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : CV. Alphabeta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan PendidikanJenjang Pendidikan Dasar & Menengah. Jakarta : BSNP.
Depdiknas. 2003. Peraturan Pemerintah Nomor 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas
Faturrohman, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung : PT. Refika Aditama.
Kadir. 2005. Pengaruh Pendekatan Problem
Posing terhadap Prestasi Belajar Matematika Jenjang Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi dan Evaluasi di Tinjau dari Metakognisi Siswa SMU di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 053.
Mahmud, A. 2008. Penerapan Metode Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan Siswa SMA. Jurnal Dinamika Pendidikan : UNNES.
Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muawanah, U. 2008. Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Akuntansi. Klaten : Macanan Jaya Cemerlang.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung : Tarsito Bandung.
Nasution, S. 2007. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Santoso, S. 2009. Teknologi Pendidikan. Bandung : CV. Jemmar.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Kesuma Karya
Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suryabrata, S. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.
Semeru, D. 2009. Pengembangan Model Modul untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. Skripsi Unla Bandung :Tidak Diterbitkan.
Sofyan, S. H. 2004. Teori Akuntansi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Thobroni, M., Mustofa, A. 2011. Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zakaria, R. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Transaksi Keuangan. Tesis Program Pascasarjana UPI Bandung : Tidak diterbitkan.
Unduhan
Diterbitkan
2012-12-28
Cara Mengutip
Winingsih, Y., Syaodih, E., & Mariam, P. (2012). Pengembangan Metode Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis . EDUCARE, 10(2), 7–13. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/174
Terbitan
Bagian
Research