Efektivitas Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Belajar
Kata Kunci:
Efektifitas, metode Pemberian Tugas, kedisiplinan siswaAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifivitas metode pemberian tugas, sehingga diketahui apakah dapat meningkatkan kemampuan disiplin belajar siswa atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Eksperimen Tipe Nonequvalent Control Group Design. Dalam penelitian ini siswa dibagi kedalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pemberian tugas dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan dikelas XII IPS 1 dan kelas XII IPS 4 di SMA Negeri 1 Banjaran dengan jumlah sampel 36 orang dari masing-masing kelas. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan menganalisis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pemberian tugas memiliki nilai awal rata-rata kelas sebelum diberikan perlakuan adalah 114,58 dari jumlah siswa 36 orang pada kelas eksperimen. Namun, setelah diberikan perlakuan dengan metode pemberian tugas nilai akhir disiplin belajar siswa meningkat menjadi 126,30 dari total siswa yang berjumlah 36 orang. Sedangkan pada kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama ketika dilakukan nilai awal rata-rata kelas 112,36 dari total 36 siswa. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode ceramah, nilai rata-rata kelas dan nilai akhir adalah 118, 97. Kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kenaikan dari hasil awal ke akhir. Namun peningkatan kelas kontrol tidak sebaik kelas eksperimen.Referensi
Abdurahmat Fathoni. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta
Budi Susetyo. (2010). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. PT Repika Aditama
Djamarah. Syaiful Bahri (2010). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional
Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosada
Ruseffendi. (2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soegeng Prijodarminto (1993). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Abadi
Sudjana.(2013). Metoda Statistika. Bandung. TarsitoSugiyono. (2013). Metode Peneltian dan pendidikan, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto.(2012). Prosedur Penelitian. Yogyakarta. Rineka Cipta
Syaiful Bahri, Djamarah dan Azwan Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Tulus, Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Zainal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Rosdakarya
Abdul Rozak.(2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Dalam Pokok Bahasan Peluang. Tersedia: http//e-jorunal.unswagati-crb.ac.id/file.php?file.id. [22 Oktober 2014]
Bentuk-bentuk kedesiplinan belajar tersedia dalam http://Selidiki86.blogspot.com/2013/03/kalah-disiplin-dalam-belajar.html (2 Januari 2104)
Hifni Rohman, (2011). Pengertian / definisi metode pembelajaran. Artikel pendidikan (blog.HifniRohman).Tersedia,http://hipni.blogspot.com/2011/0uh9/pengertian-definisi-metode-pembelajaran.html. Tanggal di akses ( 10 Juni 2014)
Putra putri.(tidak diketahui). Tujuan Pendidikan Nasional. Tersedia: http://www.putra-putri-indonesia.com/tujuan-pendidikan-nasional.html.[7 Agustus 2014]Sumber Skripsi / Tesis
Darmadjari, (2010). Program Bimbingan Bagi Pengembangan Disiplin Siswa Bebrbasis Nilai Sholat Di SMP Karang Tanjung Pandeglang. Tesis Sekolah Pasca Sarjana UPI: tidak diterbitkan
Muhammad Deni Amulyawan, (2013). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi UPI. Tidak diterbitkan
Rizky Dermawan. (2009). Persepsi Siswa Terhadap Tugas dan Hubungannya Dengan Disiplin Belajarnya Pada Siswa. Skripi UPI. Tidak diterbitkan
Sri Mulyati. (2013). Penerepan Model Pembelajaran ARCS (Attention. Relevance, Convidance, and Satisfation) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi UNLA. Tidak diterbitkan.
Budi Susetyo. (2010). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. PT Repika Aditama
Djamarah. Syaiful Bahri (2010). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional
Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosada
Ruseffendi. (2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soegeng Prijodarminto (1993). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Abadi
Sudjana.(2013). Metoda Statistika. Bandung. TarsitoSugiyono. (2013). Metode Peneltian dan pendidikan, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto.(2012). Prosedur Penelitian. Yogyakarta. Rineka Cipta
Syaiful Bahri, Djamarah dan Azwan Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Tulus, Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Zainal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Rosdakarya
Abdul Rozak.(2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Dalam Pokok Bahasan Peluang. Tersedia: http//e-jorunal.unswagati-crb.ac.id/file.php?file.id. [22 Oktober 2014]
Bentuk-bentuk kedesiplinan belajar tersedia dalam http://Selidiki86.blogspot.com/2013/03/kalah-disiplin-dalam-belajar.html (2 Januari 2104)
Hifni Rohman, (2011). Pengertian / definisi metode pembelajaran. Artikel pendidikan (blog.HifniRohman).Tersedia,http://hipni.blogspot.com/2011/0uh9/pengertian-definisi-metode-pembelajaran.html. Tanggal di akses ( 10 Juni 2014)
Putra putri.(tidak diketahui). Tujuan Pendidikan Nasional. Tersedia: http://www.putra-putri-indonesia.com/tujuan-pendidikan-nasional.html.[7 Agustus 2014]Sumber Skripsi / Tesis
Darmadjari, (2010). Program Bimbingan Bagi Pengembangan Disiplin Siswa Bebrbasis Nilai Sholat Di SMP Karang Tanjung Pandeglang. Tesis Sekolah Pasca Sarjana UPI: tidak diterbitkan
Muhammad Deni Amulyawan, (2013). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi UPI. Tidak diterbitkan
Rizky Dermawan. (2009). Persepsi Siswa Terhadap Tugas dan Hubungannya Dengan Disiplin Belajarnya Pada Siswa. Skripi UPI. Tidak diterbitkan
Sri Mulyati. (2013). Penerepan Model Pembelajaran ARCS (Attention. Relevance, Convidance, and Satisfation) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi UNLA. Tidak diterbitkan.
Unduhan
Diterbitkan
2014-12-30
Cara Mengutip
Nurmayani, H. I., Herdhiana, R., & Ilyas. (2014). Efektivitas Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Belajar. EDUCARE, 12(2), 30–37. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/193
Terbitan
Bagian
Research