Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi matematis pada Siswa SMK

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi matematis pada Siswa SMK

Penulis

  • Tiara Anzari Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Puji Budilestari Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Thinking Aloud Pair Problem Solving, Komunikasi Matematis

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMK di Kota Bandung tahun ajaran 2013/2014, dengan pengambilan sampel secara tidak acak kelas melainkan dengan menerima keadaan subjek seadanya. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran TAPPS lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Referensi

Mahmudi.A, (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Makalah dalam Jurnal MIPMIPA UNHALU. Vol. 8, No 1. Februari 2009, ISSN 1412-2318 [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2006%20Jurnal%20UNHALU%202008%20_Komunikasi%20dlm%20Pembelajaran%20Matematika_.pdf [03 juni 2014]

Warsita.B, (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Barkley, E.E., Cross, K.P., dan Major, C.H. (2012). Collaborative Learning Techniques. Jakarta: Nusa Media.

Suherman.E, (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA-UPI.

Suherman.E, (2008). Hands–Out Perkuliahan VIII Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Bandung.

Suherman.E, (2013). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Rohaeti.E, (2003). Pembelajaran dengan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SLTP. Tesis PPS Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak Diterbitkan.

E.T.Ruseffendi, (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tidak diterbitkan.

E.T.Ruseffendi,(2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

E.T.Ruseffendi,(2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito

Hartman, (1998). Improving Student’s Problem Solving Skills. [Online]. Tersedia: http://www.ccny.cuny.edu/ctl/handbook/hartman.html. [12 februari 2013].

Husna, (2013), “Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS)”. Jurnal Peluang. Vol. 1 No.2. 81-92. [Online]. Tersedia:Http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/1061/997 [15 Juni 2014]

Latifah, (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Match Mine terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/183/1/101119-LATIFAH-FITK.PDF. [11 Juni 2014]

Lindquist Mary M, NCTM 1996 year book : communication in mathematics, K-12 and Beyond. (USA:NCTM INC, 1996) vol.2
NCTM. (2012). Prosess Standars [Online]. Tersedia: http://www.nctm.org/standars/content.sdpx?id=322 [15 februari 2013].

PISA. (2010). [Online]. Tersedia: http://p4mri.net/new/?p=337 [20 Mei 2014]

Ross, K. (2008). The Processes of Matematics. [Online]. Tersedia: http://mdlcl2.org/intruction/curriculummathematics/math_processes.html [17 April 2014].

Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam. (2006). UU dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta : Direktorat jendral pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Sudjana, (1997). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja.

Sudjana, (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugandi, (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP PRESS.

Suharsini Arikunto, (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Puniarti.T, (2003). Matematik Pembelajaran Geometri Berdasarkan Tahap-tahap Awal Van Hiele dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi siswa SLTP. Tesis PPS Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak Diterbitkan.

Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Stategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarmo.U, (2005). Algoritma. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Jakarta vol. 1 no.2

Diterbitkan

2014-12-30

Cara Mengutip

Anzari, T., Widyatiningtyas, R., & Budilestari, P. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi matematis pada Siswa SMK. EDUCARE, 12(2), 38–45. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/194

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...