Vol. 13 No. 2, Desember 2015
Research

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP

Dewi Sri Nuranti
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Puji Budilestari
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Irmawan
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 30, 2015
Keywords
  • Think Talk Write,
  • TTW,
  • Kemampuan komunikasi matematis
How to Cite
Nuranti, D. S., Budilestari, P., & Irmawan. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP. EDUCARE, 13(2), 1-9. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/198

Abstract

Penelitian di latar belakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menstimulasi kemampuan komunikasi siswa baik secara lisan ataupun tulisan yaitu model pembelajaran TTW. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII disalah satu SMP di daerah kabupaten Bandung. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Kelas VII-D sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TTW dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP.

References

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Asri, N (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika SMP. Skripsi FKIP UPI: Tidak diterbitkan.

Dianti, A (2007). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.

Djamarah, S.B., (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendriana, H. dan Sumarno, U (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.
Bandung: Refika Aditama.

Huda, M (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khoerunnisa, E. I. (2014). Penerapan Model-Eliciting Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.

Kurniati, N (2008). Pengaruh Penggunaan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi FKIP UNLA: Tidak diterbitkan.

Martinis Yamin. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.

Nana Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Oemar Hamalik (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ruseffendi, Prof. E.T (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, Prof. E.T (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Rohani, A (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suherman, E. dkk (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Soedjadi (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

W.Gulo (2002). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.

Wina Sanjaya (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media