Implementasi Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP

Implementasi Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP

Penulis

  • Resma Devi Nurhayat Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Puji Budilestari Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Mochamad Rasyid Ridha Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Logis, Model Pembelajaran Generatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis melalui model pembelajaran generatif dalam pembelajaran matematika, berdasarkan masalah yang ditemukan saat observasi bahwa kemampuan berpikir logis rendah. Kemampuan berpikir logis sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah matematika. Namun kemampuan berpikir logis ini masih rendah, hal ini dikarenakan kurangnya dilatih kemampuan berpikir logis siswa saat proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandung tahun ajaran 2018-2019. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 31 siswa, sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D yang terdiri dari 32 siswa, sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian berupa soal-soal kemampuan berpikir logis matematis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran generatif dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran generatif daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajan generatif dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa.

Referensi

Hendriana, H & U. Sumarmo. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Edisi revisi. Bandung : PT Refika Aditama.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi.(2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito

Sumarmo, Utari, dkk. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis dan Kreatif Matematik (Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Stratge Think Talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 17 Nomor 1, April 2012. Halaman 17-33. ISSN 1412-0917.

Sumarna, Surapranata. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara..

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Nurhayat, R. D., Budilestari, P., & Ridha, M. R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP. INTERMATHZO, 3(2), 140–147. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/290

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 
Loading...